Apa Itu Domain Name?

Di blog ini saya sudah membicarakan banyak hal tentang domain name. Tapi, apa itu domain name, yang merupakan hal yang sangat mendasar, justru belum pernah saya bahas. Berikut ini adalah penjelasan mengenai domain name, yang saya buat sesederhana mungkin.

apa itu domain

Domain Name System, yang terkadang disebut sebagai DNS, adalah sistem pemberian nama untuk web server dan web page yang mudah untuk dihafal. Contohnya, kaskus.co.id lebih mudah untuk dihafal daripada IP Address nya 103.6.117.2.

Penggunaan sistem domain name ini dimulai pada akhir tahun ​1983. Dulu, pada tahun 1980an, hanya ada 6 jenis TLD (Top Level Domain), yaitu .com, .edu, .mil, .gov, .net, dan .org. Tapi, mulai tahun 2011, ada ekspansi besar-besaran dalam sistem domain name, dan muncul lah banyak TLD baru, yang (katanya) bertujuan untuk mengklasifikasikan website-website menurut fungsi mereka.

Kenapa saya tulis (katanya), karena sebenarnya pembuatan banyak TLD baru itu tidak bermanfaat dan konyol. Anda sudah pernah dengar domain .horse? Beneran ada lho itu 😀 sangat konyol dan tidak berguna, dan masih ada ratusan TLD semacam itu.

Sekian penjelasan yang singkat dan sederhana tentang apa itu domain. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Privacy Policy