Apa Itu Hosting?

Apa itu hosting? Web hosting adalah layanan yang memberikan fasilitas bagi para customernya untuk “memasang” website mereka di internet. Jadi pihak penyedia hosting menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan bagi sebuah website untuk bisa dilihat secara online di internet. Website-website ini disimpan, atau istilahnya hosted (dihost), dalam komputer-komputer yang disebut dengan server.

Secara mudahnya web hosting bisa kita umpamakan sebagai tempat untuk “menaruh” sebuah website, supaya bisa diakses dari manapun via internet. Nah, kemudian untuk mengakses website tersebut, kita menggunakan apa yang disebut sebagai domain name, yang merupakan internet address. Jika sebuah website diumpamakan sebagai sebuah rumah, domain name adalah alamat yang bisa kita pakai untuk menemukan rumah tersebut.

Saat ini layanan hosting sudah ada banyak sekali, baik yang lokal (di Indonesia), maupun yang di luar negeri. Biasanya, untuk berlangganan hosting, kita bisa membayar secara bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, dan tahunan. Layanan hosting ada juga yang gratis. Tapi, biasanya hosting yang gratis akan memasang iklan di website para pelanggannya.

Artikel terkait:

Privacy Policy