Apa Itu Ransomware WannaCry?

Belakangan ini kita menjadi sering mendengar istilah ransomware, karena belum lama ini ada banyak perusahaan/instansi yang jaringan komputernya terkena ransomware WannaCry. Dan ini tentunya bukan hanya di Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia. Artikel berikut ini akan membahas tentang apa itu ransomware WannaCry, dan bagaimana penyebarannya.

Apa Itu Ransomware?
Ransomware adalah software berbahaya, yang untuk mudahnya sering kita sebut sebagai virus malware, yang tidak hanya merusak atau menghilangkan data yang ada di komputer seperti virus-virus biasa. Biasanya ransomware didesain untuk membuat data yang ada di dalam komputer menjadi tidak bisa diakses, dan pembuatnya meminta uang tebusan (ransom) dengan jumlah tertentu. Biasanya yang menjadi target ransomware adalah para pengguna komputer invidiual. Tapi, seperti yang kita ketahui, belakangan ini terjadi serangan ransomware WannaCry yang sifatnya masal, dan menyerang ratusan ribu komputer di 150 negara.

Apa itu Ransomware WannaCry?
Ransomware yang satu ini menarget sistem operasi Microsoft Windows, dan mulai menyebar pada tanggal 12 Mei 2017. Menurut laporan, ada lebih dari 230 ribu komputer di 150 negara yang terinfeksi oleh ransomware ini, dan pembuatnya meminta uang tebusan yang harus dibayarkan dalam bentuk Bitcoin jika para pemilik komputer yang terinfeksi ingin mendapatkan kembali akses ke file-file yang tersimpan di komputer mereka. Permintaan tebusan pembuat Ransomware Wanna Cry dibuat dalam 28 bahasa.

apa itu ransomware wannacry

Seperti ransomware pada umumnya, ransomware WannaCry disebarkan melalui email phising. Tapi, ransomware ini juga dengan mudah bisa menyebar pada jaringan-jaringan yang belum mengaplikasikan update keamanan. Sebenarnya Microsoft sudah membuat sebuah patch untuk mengatasi kerentanan sistem pada bulan Maret 2017, tapi banyak pengguna yang belum mengaplikasikannya.

Berapa Besarnya Tebusan Yang Diminta Oleh Ransomware WannaCry?
Tebusan yang diminta sebesar $300 dalam bentuk Bitcoin, yang dibayarkan dalam kurun waktu 3 hari, atau $600 yang dibayarkan dalam kurun waktu 7 hari.

Siapa Saja Yang Terancam Ransomware WannaCry?
Pada awalnya yang terancam ransomware Wanna Cry adalah para pengguna sistem operasi Windows yang masih menggunakan Windows XP dan Windows Server 2003. Tapi Microsoft telah meluncurkan update keamanan juga untuk sistem operasi tersebut.

Apakah Jika Membayar Tebusan Kita Benar-benar Bisa Mengakses Kembali File-file Kita?
Saya tidak tahu karena alhamdulillah komputer saya tidak ada yang kena. Tapi harap diingat bahwa mengirimkan uang melalui Bitcoin itu sangat beresiko karena sekali terkirim, kita tidak akan bisa menariknya kembali, atau melacak siapa yang menerimanya. Dan apakah anda benar-benar akan mengharapkan kejujuran dari pihak yang jelas-jelas jahat dan tega menyebarkan virus ke ratusan ribu komputer untuk menepati janjinya untuk membuka kembali akses ke file-file anda setelah anda membayar uang tebusan?

Berikut ini adalah informasi tentang ransomware WannaCry yang ada di Wikipedia : https://en.wikipedia.org/wiki/WannaCry_ransomware_attack

Privacy Policy