Apa Itu Webinar?

Jika anda cukup sering menggunakan internet, anda pasti sudah pernah mendengar atau membaca istilah webinar. Artikel pendek berikut ini menjelaskan tentang apa itu webinar, dan apa manfaatnya.

apa itu webinar

Apa Itu Webinar?

Webinar adalah seminar yang diadakan secara online. Jadi kata webinar diambil dari kata web-based seminar. Penyelenggara webinar mengadakan seminar, presentasi, ceramah, atau workshop yang ditransmisikan (atau streaming, yang merupakan istilah yang lebih sering digunakan sekarang), melalui internet dengan menggunakan software video conferencing. Kelebihan utama dari webinar adalah elemen interaktif nya. Karena para peserta dan penyelenggara bisa saling memberikan dan menerima informasi, serta berdiskusi secara real-time. Jadi, komunikasinya 2 arah. Jika dijabarkan secara sederhana, webinar adalah seminar yang diadakan via video conferencing.

Satu lagi kelebihan webinar adalah jangkauannya yang hampir tidak terbatas. Penyelenggara dan peserta bisa berada di mana saja, selama ada koneksi internet yang memadai.

Dalam webinar para peserta bisa berbagi audio, dokumen, dan aplikasi. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa webinar berbeda dengan webcast. Karena, dalam webcast, komunikasi hanya satu arah dan tidak ada interaksi antara pembicara dengan peserta seminar.

Apa Saja Alat Yang Dibutuhkan Untuk Mengikuti Webinar?

Untuk mengikuti webinar kita tidak membutuhkan peralatan khusus. Sebuah laptop standar dengan web cam dan koneksi internet yang bagus saja sudah cukup. Anda mungkin juga akan membutuhkan sebuah headset.

Webinar di Indonesia

Menurut saya webinar belum terlalu populer di Indonesia. Tapi belum lama ini, Komunitas Bukalapak mulai rutin mengadakan webinar. Saya pribadi belum pernah mencoba mengikutinya, karena memang saya tidak aktif berjualan di Bukalapak.

Demikian artikel singkat yang menjelaskan apa itu webinar. Penjelasan yang lebih lengkap tersedia di Wikipedia : https://en.wikipedia.org/wiki/Web_conferencing. Semoga bermanfaat.

Privacy Policy