Apa Itu Website?

Sekarang hampir semua orang sudah menggunakan internet setiap hari. Dan tentunya, mereka juga sering mengakses berbagai website. Artikel berikut ini menjelaskan tentang apa itu website. Karena ini merupakan hal yang sangat sederhana, biasanya yang mencari informasi semacam ini adalah adik-adik yang masih sekolah, kemungkinan untuk tugas sekolah mereka 🙂 .

apa itu website

Apa Itu Website?

Website adalah sekumpulan web page (halaman web), yang isinya antara lain adalah teks, gambar, dan multimedia, yang menggunakan domain name yang sama, dan dipublikasikan dalam setidaknya satu web server yang sama. Sebuah website dapat diakses melalui jaringan IP publik, contohnya internet, atau LAN, dengan mengetikkan URL dari website tersebut dalam sebuah browser.

Apa Kegunaan Website?

Website-website mempunyai banyak fungsi, ada yang merupakan website personal/pribadi seperti blog, website komersil milik perusahaan, website pemerintahan (kalau di Indonesia biasanya menggunakan ekstensi domain .go.id), atau website untuk organisasi non-profit, yang biasanya memakai domain .org. Semua website yang bisa diakses oleh publik keseluruhannya membentuk world wide web. Sedangkan website yang tidak bisa diakses oleh umu, misalnya website sebuah perusahaan yang khusus untuk para karyawannya saja, biasanya merupakan bagian dari apa yang disebut sebagai intranet.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu website. Kalau dijelaskan seperti ini, malah terdengar tidak menarik dan membingungkan ya? 😀 Tapi memang begitulah adanya. Hal-hal seperti apa itu domain name, apa itu hosting, dan apa itu website, akan lebih mudah untuk dipahami jika kita langsung melihat contohnya, daripada hanya membaca teorinya.

Sumber di Wikipedia : https://en.wikipedia.org/wiki/Website

Artikel terkait:

Privacy Policy