Apa Itu Western Union?

Jika anda sering berbelanja di Indomaret, atau mungkin sering pergi ke bank atau ke kantor pos, anda pasti sudah sering melihat logo Western Union seperti yang ada di bawah ini. Tapi apa itu Western Union dan bagaimana cara menggunakannya? Artikel berkut ini akan menjelaskan semuanya.

apa itu western union

Apa Itu Western Union?

Western Union adalah jasa pengiriman uang. Lalu apa bedanya dengan transfer bank? Western Union bisa digunakan oleh siapa saja. Jadi yang dibutuhkan hanya identitas pengirim, identitas penerima, dan tentunya uang yang dikirimkan. Setiap pengiriman uang akan ada kode MTCN nya. MTCN adalah singkatan dari Money Transfer Control Number, dan nantinya penerima harus menggunakan kode ini untuk mengambil uang yang dikirimkan kepadanya. Jadi, untuk menerima/mengambil uang yang dikirimkan via Western Union, selain membawa identitas seperti KTP, kita juga perlu mengetahui MTCN nya. Ini sedikit banyak mirip dengan password. Karena jika yang mengambil dana mempunyai MTCN dari pengiriman uang, otomatis dia memang ada hubungan atau ada komunikasi dengan pengirimnya. MTCN ini juga bisa digunakan untuk melacak pengiriman uang tersebut secara online di website resmi Western Union.

Cara Kirim Uang Lewat Western Union

Pengiriman uang melalui Western Union bisa kita lakukan dengan mengunjungi loket terdekat. Bisa Indomaret, bank, kantor pos, atau pegadaian. Di sana kita harus mengisi formulir, yang isinya antara lain identitas pengirim, identitas penerima, dan jumlah uang yang dikirimkan. Biaya pengiriman Western Union ditanggung oleh pengirim. Jadi penerima terima bersih saja.

Cara Mengambil Uang Di Western Union

Untuk mengambil uang di Western Union caranya mirip dengan cara mengirim. Jadi kita perlu mendatangi loket Western Union terdekat, lalu mengisi formulir pengambilan yang disediakan di sana. Kita harus membawa identitas, fotocopy identitas, dan MTCN pengiriman uang yang ingin kita ambil itu. Menurut pengalaman, mengambil uang lebih sulit dibandingkan mengirim uang. Terkadang ada loket yang menolak dengan alasan hanya menerima pengiriman saja (mungkin karena dana di kas mereka terbatas). Selain itu masalah identitas bisa menjadi masalah yang sensitif saat pengambilan uang. Nama yang tertera di data Western Union harus sama persis dengan nama di identitas yang kita bawa untuk mengambil uang. Jika ada perbedaan sedikit saja, bisa ditolak oleh loketnya.

Sekian artikel yang membahas apa itu Western Union, dan bagaimana cara menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Privacy Policy