Apa SEO Itu Dan Apa Kegunaannya?

apa SEO itu?Jika anda sering mencari informasi tentang blogging atau web development anda pasti sudah sering menemukan artikel-artikel yang membicarakan tentang SEO. Artikel berikut ini akan menjelaskan beberapa hal yang paling basic mengenai apa SEO itu.

Apa SEO Itu?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Tapi karena saat ini search engine yang paling banyak dipakai adalah Google, sebutan ini sebenarnya menjadi kurang pas. Mungkin harusnya diganti saja menjadi Google Optimization, karena memang hampir tidak ada yang peduli dengan search engine selain Google 😀 . Jadi SEO ini merupakan teknik-teknik yang diaplikasikan kepada sebuah website untuk menaikkan posisinya di halaman hasil pencarian Google untuk kata kunci-kata kunci yang menjadi target.

Apa Fungsi Atau Tujuan SEO?

Fungsi SEO adalah untuk menaikkan posisi sebuah website di hasil pencarian Google, dengan maksud supaya website tersebut mendapatkan lebih banyak pengunjung. Contohnya, seandainya anda mempunyai sebuah website yang menjual jasa dry cleaning di Jogja. Tentunya anda akan ingin supaya saat ada orang yang mencari kata kunci dry cleaning Jogja, website anda lah yang muncul di halaman satu, di posisi paling atas. Tapi, tidak semudah itu. Jika anda mencari dry cleaning Jogja, anda akan menemukan banyak sekali website lainnya, sehingga mungkin website anda munculnya di halaman 2, halaman 3, atau mungkin di halaman 10 ke atas. Padahal, karakter pengguna internet saat mencari sesuatu bisanya hanya melihat sampai halaman 1 saja, atau paling banter sampai halaman 2. Jadi, kalau website anda munculnya di halaman 3 atau lebih, website anda tidak akan ada yang mengunjungi. Sebuah website tanpa pengunjung sama saja dengan toko yang tanpa pengunjung.

Apa Saja Metode SEO Itu?

Ada banyak hal yang dilakukan para pemilik website untuk SEO. Banyak dari mereka yang berhasil menaikkan posisi website mereka, dan banyak juga yang gagal. Dan bila kita tanya mereka satu per satu, kemungkinan metode mereka berbeda-beda, atau mungkin juga sama, tapi ada yang gagal dan ada yang berhasil. Intinya, sebenarnya tidak ada hal yang pasti dalam SEO. Saya pernah mengaplikasikan metode SEO yang sama persis kepada 2 buah website yang saya miliki. Satu berhasil, dan satu lagi gagal. Padahal metodenya sama persis. Kalau menurut para ahli SEO bule, SEO is a guessing game. Jadi tidak ada yang bisa benar–benar merumuskan apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Karena tentunya algoritma yang sebenarnya hanya orang-orang di Google yang tahu persis.

Apa SEO Itu Sesuatu Yang Harus Dilakukan?

Sebenarnya tidak juga. Ada banyak kok orang yang asal nge-blog saja, tanpa menggunakan metode SEO apapun, dan blognya banyak pengunjungnya. Tapi, biasanya hal semacam ini memakan waktu yang lebih lama. Mungkin bisa bertahun-tahun baru bisa ramai blog nya. Sebagai alternatif, media sosial bisa digunakan untuk “memancing” pengunjung tanpa SEO.

Apa Metode SEO Yang Saya Anjurkan?

Metode yang selama ini saya praktekkan sebenarnya hanya ada 2. Yang pertama, buat artikel yang tidak terlalu pendek, dan dilengkapi dengan beberapa gambar, kalau bisa original. Dan yang kedua, cari (sebarkan) backlink (link yang menuju ke website anda). Ini bisa dari blog commenting, forum signature, atau beli blogpost di blog milik orang lain. Sebenarnya ini adalah metode-metode yang oldschool atau kuno. Tapi menurut pengalaman pribadi, masih ada efeknya. Tapi ingat bahwa untuk backlink yang penting kualitas, bukan kuantitas.

Apa SEO Itu Mahal?

Mahal atau tidak itu tergantung dari metode apa yang kita gunakan. Kalau mau, sebenarnya gratis juga bisa kok, tapi harus kerja ekstra keras. Kalau saya, karena saya tidak punya banyak waktu, saya sering minta bantuan ke teman-teman di ads.id.

Informasi tentang SEO di Wikipedia : https://en.wikipedia.org/wiki/Search_engine_optimization

Privacy Policy