Berburu Barang Murah di Tokopedia

Berburu Barang Murah di Tokopedia

Masih banyak orang yang berpikir bahwa belanja online seperti di Tokopedia itu pasti lebih mahal karena kita harus membayar ongkos kirim. Padahal, di online marketplace yang satu itu ada banyak sekali barang yang harganya jauh di bawah harga toko-toko konvensional. Satu contoh barang yang saya beli online di Tokopedia sangat murah adalah lampu LED Philips. Saya lihat di toko-toko, baik itu toko listrik ataupun minimarket seperti Indomaret, lampu LED Philips 7 watt dijual dengan harga di atas Rp. 40 ribu. Padahal, di Tokopedia, ada penjual yang menjual lampu LED Philips 7 watt dengan harga Rp. 88 ribu, tapi itu untuk 4 buah! Jadi walaupun kita masih harus membayar ongkos kirim, anggap saja Rp. 25 ribu, harganya menjadi Rp. 113 ribu untuk empat buah, atau Rp. 28 ribu per buah. Sangat jauh kan selisihnya? 😀

Bagaimana dengan kualitas? Kenapa yang di Tokopedia bisa sangat murah? Saya juga tidak tahu kenapa bisa sangat murah 😛 Yang jelas, saya membeli banyak lampu LED Philips sekaligus, dan setelah sampai, barangnya sama persis dengan yang ada di toko-toko konvensional di sekitar tempat saya tinggal. Dan kualitasnya? Juga sama persis, alias bagus. Karena kualitas yang bagus dan harga yang sangat murah saya sampai kepikiran untuk membuat kios khusus lampu LED Philips 😀 jadi beli di Tokopedia dan dijual lagi di rumah. Tapi saya urungkan niat itu karena sepertinya terlalu merepotkan kalau harus menunggui dagangan di rumah 😛 .

Ini saya bukan ngiklan lho ya 🙂 cuma share pengalaman pribadi saja. Dan ini pun cuma salah satu contoh saja. Masih ada barang-barang lainnya yang harganya di Tokopedia jauh lebih murah. Contohnya untuk produk smartphone dan aksesoris seperti powerbank. Barang sama, garansi sama, harga jauh berbeda!

Walaupun sebagai pembeli saya sangat senang karena bisa mendapatkan barang-barang yang harganya jauh lebih murah dibandingkan toko-toko “brick and mortar” alias toko konvensional yang ada di sekitar kita, mau tidak mau saya jadi berpikir juga, kalau seperti ini bagaimana nasib mereka? Kalau perbedaan harganya sangat banyak seperti yang sering saya temukan ini, lama-lama bisa-bisa hampir semua orang memilih untuk membeli barang-barang secara online karena jauh lebih murah, dan toko-toko biasa menjadi tidak laku. Padahal, mereka harus membayar sewa tempat, pegawai, dan sebagainya. Sedangkan para penjual online, tidak perlu membayar sewa tempat, mungkin juga tidak perlu membayar gaji pegawai karena semua bisa dikerjakan sendiri (kecuali kalau yang ordernya sudah ratusan per hari), jadi mereka bisa menekan harga serendah mungkin. Dengan perbedaan pengeluaran yang sangat signifikan seperti ini, hampir tidak mungkin toko-toko biasa bisa bersaing harga dengan para penjual online.

Artikel terkait:

Privacy Policy