Biaya Tahunan Kartu Kredit Bank Mega Naik Maret 2017

Baru saja saya menerima email dari Bank Mega yang menurut saya cukup mengesalkan. Biaya iuran tahunan kartu kredit naik, dan sekarang menjadi cukup mahal. Untuk kartu silver/biasa menjadi Rp. 300.000, dan untuk kartu kredit jenis lain seperti Metro card dan Carrefour menjadi Rp. 400.000. Dulu saya tidak masalah mempunyai banyak kartu kredit, dengan tujuan untuk jaga-jaga seandainya butuh dana mendadak, karena biaya iuran tahunannya murah. Tapi sekarang, dengan biaya iuran yang cukup besar itu, saya jadi pikir-pikir lagi. Mungkin beberapa akan saya tutup saja.

biaya kartu kredit bank mega
Rincian biaya tahunan kartu kredit Bank Mega dapat anda lihat sendiri di atas. Saya mempunyai kartu kredit dari beberapa bank lainnya juga, dan untuk saat ini, Rp. 400.000 itu yang paling tinggi.

Dan itu belum semuanya. Tadi ada lagi email dari Bank Mega, tentang aturan baru pembayaran minimum, yang kaitannya dengan pembayaran cicilan. Jadi, para pengguna kartu kredit Bank Mega yang tidak punya cicilan tidak terpengaruh.

pembayaran minimum kartu kredit bank mega

Intinya, kalau dulu pembayaran cicilan bulanan dijadikan satu dengan tagihan non cicilan, sehingga kita bisa hanya membayar 10% saja dari total tagihan non cicilan + total tagihan cicilan. Sekarang, kita harus membayar 10% dari total tagihan non cicilan, ditambah pokok transaksi cicilan dan bunganya. Jadi dulu kalau kita punya tagihan total 10.000.000, dan kita punya cicilan yang per bulannya 500.000, minimum payment nya adalah 1.050.000 (10% dari 10.500.000). Tapi sekarang, kalau kita punya tagihan total 10.000.000 dan kita punya cicilan yang per bulannya 500.000, minimum payment nya menjadi 1.500.000 (10% dari 10.000.000 ditambah 500.000). Kurang lebih seperti itu perbedaannya.

Sebenarnya cara penghitungan minimum payment seperti ini sudah dipraktekkan oleh banyak bank lainnya. Jadi memang biasanya tagihan non cicilan dan tagihan cicilan tidak dijadikan satu, sehingga hutang nasabah tidak menjadi menumpuk karena mereka hanya membayar 10% dari tagihan cicilan mereka. Coba bayangkan, sudah cicilan, masih dibayar cuma 10% nya lagi, kapan lunasnya? hehehe.

Tapi saya yakin akan ada banyak nasabah yang merasa berat dengan aturan baru ini, karena selisih minimum payment penghitungan lama dan penghitungan baru ini cukup banyak, seperti contoh yang saya berikan di atas.

Biaya iuran tahunan naik, dan penghitungan minimum payment berubah, mau tidak mau saya jadi bertanya-tanya, ada apa dengan Bank Mega? 😀

Artikel terkait:

Privacy Policy