Bitcoin : Hal Brilian Yang Imagenya Hancur Karena Keserakahan

Saya mengenal bitcoin sejak tahun 2013. Pada waktu itu, saya kebetulan membaca sebuah artikel tentang bitcoin di salah satu website, kemudian iseng-iseng mempelajarinya lebih lanjut. Pada tahun 2013-2014, bitcoin menjadi sesuatu yang sangat sangat panas, karena nilainya saat itu melonjak tinggi, dan otomatis, banyak orang yang awalnya tidak tertarik menjadi tertarik untuk ikut berinvestasi, dan saya salah satunya.

Bitcoin : Hal Brilian Yang Imagenya Hancur Karena Keserakahan

“Kesuksesan” bitcoin menyebabkan munculnya banyak cryptocurrency lainnya, yang disebut sebagai altcoin. Di sini lah dulu saya ber”investasi.” Saya beri tanda kutip karena jujur saja waktu itu saya tidak benar-benar tahu apa yang saya lakukan 😀 . Singkat cerita, saya membeli beberapa perangkat komputer, dengan GPU yang powerful, untuk saya pakai mining, atau menambang altcoin. Pada waktu itu, saya ikut mining Blackcoin. Selain menambang sendiri, saya juga aktif melakukan transaksi di beberapa altcoin exchanges (tempat jual beli altcoin, di mana altcoin diperdagangkan seperti forex).

Karena faktor keberuntungan, saya dulu berhasil mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang relatif besar. Kondisi pasar altcoin waktu itu dipermainkan oleh para pemain dengan modal besar, dan saya biasa “ikut” dalam ombak-ombak besar yang mereka buat. Istilahnya pump and dump. Mereka memborong salah satu altcoin, sehinga stok di pasar menjadi sedikit dan harga naik, dan biasanya banyak orang yang terpancing untuk ikut membeli, dan ini membuat harga semakin meroket tinggi. Dan setelah harga tinggi, mereka lalu menjual semuanya, sehingga mendapatkan banyak keuntungan, dan otomatis, harga pun turun tajam sampai hancur.

Karena saya sadar bahwa itu semua hanya permainan, setelah saya anggap saya sudah mendapatkan keuntungan yang cukup, saya lalu berhenti. Saya tidak melakukan mining lagi. Dan semua bitcoin yang saya miliki saya tukarkan dengan rupiah. Dan setelah itu, saya kembali sibuk dengan web development, hal yang sebenarnya lebih saya sukai, dan lebih pasti, bukan sesuatu yang spekulatif seperti perdagangan altcoin ataupun bitcoin.

Awal tahun 2017 ini, adik saya diundang oleh salah satu saudara. Waktu itu kalau tidak salah acara makan-makan atau semacamnya. Ternyata, saudara yang mengundang adik saya itu tidak hanya mengundang makan, melainkan presentasi “program investasi” yang namanya Bitkingdom. Di acara itu mereka membuat semacam kuis, dan adik saya yang menang, dan diberi 0.5 BTC, tapi bukan ke walletnya dia sendiri. 0.5 BTC itu dimasukkan ke akun Bitkingdom yang dia buat saat menghadiri acara itu, yang memang dia buat khusus untuk menerima hadiah kuis itu.

Di sini saya sadar, ternyata ada sisi dari bitcoin yang selama ini tidak saya lihat. Bitcoin menjadi mata uang online yang dimanfaatkan oleh orang-orang untuk program-program moneygame. Kalau saya pribadi lebih suka menyebutnya program investasi online bodong 😀 . Ternyata apapun teknolonginya, alat pembayaran yang sifatnya anonymous selalu dimanfaatkan untuk hal semacam ini oleh oknum-oknum yang serakah. Ini persis sama dengan e-gold  jaman saya masih muda dulu. Waktu itu, banyak program-program HYIP (High Yield Investment Program), yang menjanjikan keuntungan yang besar. Yang dipakai waktu itu e-gold, karena anonymous. Seingat saya dulu memang transaksi dengan e-gold itu sifatnya anonymous karena kita tidak tahu siapa lawan transaksi kita, karena tidak ada identitas lengkapnya. Dan transaksi hanya satu arah. Dana yang sudah dikirim tidak bisa dikembalikan lagi dengan cara apapun. Persis seperti bitcoin. Ideal sekali kan untuk sarana penipuan semacam ini. Anonymous dan non-reversible.

Karena saya sudah mengetahui banyak tentang program investasi online bodong semacam ini, bahkan sejak bitcoin belum ditemukan, ketika adik saya cerita tentang apa yang baru saja dia dapatkan, langsung saya tembak “ah, itu scam! 😀 Coba tarik aja bitcoinnya, trus langsung dicairkan aja!” Dan ternyata memang tidak bisa. Typical program semacam itu, sekali dana masuk, ada syarat banyak sekali untuk menariknya. Bahkan ada check in credit segala, dan itu hanya bisa didapatkan dari menghadiri “meeting” yang diadakan di kalangan mereka itu. Lalu masih ada juga yang istilahnya token, yang diperlukan untuk pencairan. Dan untuk mendapatkan token juga harus beli. Astaga…

Untungnya dana yang berusaha kita tarik ini cuma bitcoin gratisan. Jadi saya dan adik saya santai-santai saja. Dan ternyata benar. Jadi para “investor” ini benar-benar dipermainkan 😀 . Tiba-tiba saja para “founder” Bitkingdom “membuat” altcoin sendiri yang diberi nama Aureus, dan para “investor” bisa menukarkan dana mereka ke altcoin ini. Lalu bagaimana dengan exchange rate nya? Ya jelas hancur lah. Dan kemungkinan memang dibuat skema seperti itu. Istilahnya bitcoin (uang dengan nilai betulan), ditukar dengan Aureus (uang-uangan yang dibilang bernilai, ditambah janji bahwa nilainya akan naik terus). Lalu kemana larinya bitcoin para “investor?” Sebagian diputar-putar untuk payout para member yang “memenuhi syarat,” dan sebagian besar kemungkinan dibawa lari oleh para pendiri investasi online bodong itu. Satu hal lagi yang perlu dicatat: Beberapa member forum bitcoin (yang tahu tentang hal-hal teknis mengenai altcoin) tertawa saat melihat Aureus dari segi teknis. Jadi altcoin ini pun se scam Bitkingdom.

Program investasi online bodong semacam ini lah yang menghancurkan citra bitcoin. Nilai bitcoin saja sudah penuh dengan menipulasi dari para pemain besar, masih ditambah lagi dengan banyaknya orang yang tertipu dengan investasi online bodong yang memanfaatkan bitcoin. Yang menyedihkan, banyak di antara para korban itu yang benar-benar awam. Jadi yang ada di dalam pikiran mereka, mereka itu “tertipu bitcoin” atau “bitcoin=penipuan.” Padahal kan bitcoinnya sendiri tidak salah apa-apa. Kalau kita tertipu orang dengan metode transfer bank dalam rupiah, apakah kita “tertipu rupiah?” Kan tidak 😀 .

Saya sama sekali tidak ada niat untuk mentertawakan para korban. Bahkan sebaliknya, saya sangat-sangat prihatin. Saya paham betul bahwa semua orang pasti ingin mendapatkan keuntungan. Apalagi kalau itu mudah, tanpa harus bekerja. Tapi, saya alami sendiri, banyak dari para “investor” ini yang sangat sulit untuk diberitahu bahwa mereka itu sedang tertipu. Jadi, mereka terbutakan oleh, maaf, keserakahan mereka sendiri. Satu hal yang selalu mereka pakai untuk alasan adalah, “lha, kalau ini penipuan, kok itu teman saya si A, si B, si C, berhasil dapat keuntungan banyak sekali?” Ya iya lah, itu lah yang digunakan para pembuat program investasi online bodong untuk menarik banyak korban. Kalau member pertama saja langsung tertipu dan hilang duitnya, ya mana mau orang-orang lainnya menjadi member 😀 . Pasti lah program scam semacam itu dibuat seakan-akan memang benar-benar berjalan. Beberapa ratus, atau mungkin beberapa ribu member berhasil mendapatkan keuntungan. Sedangkan beberapa ribu yang lainnya, yang join belakangan karena tergiur dengan keuntungan yang berhasil didapatkan oleh member-member awal tadi, yang dibawa lari dananya.

Mungkin saking tergiurnya dengan keuntungan, bahkan banyak orang yang sebenarnya mengerti bahasa Inggris, tetap join Bitkingdom, padahal di websitenya, di bagian TOS, sudah tertulis seperti di bawah ini:

Jika anda sedang tertarik untuk mengikuti program investasi online yang menggunakan bitcoin, saya sarankan batalkan saja niat anda! Sampai sekarang saya belum pernah melihat ada program investasi online dengan bitcoin yang benar-benar valid! Ingat, kalau yang dipergunakan adalah bitcoin, sangat sulit untuk dilacak, dan tentunya tidak bisa ditarik kembali.

Berhati-hatilah dengan orang-orang yang menawari anda untuk ikut dengan program investasi online! Banyak orang yang sudah tahu kalau program yang mereka tawarkan itu scam, tapi tetap saja nekad. Karena mereka ingin bisa dapat keuntungan sebelum program itu tutup! Bagi mereka, terserah nasib downline mau gimana, yang penting mereka sudah dapat keuntungan saat program itu collapse.

Privacy Policy