Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Langsung Masuk

Kartu Kredit Bank MegaLebaran tahun ini jatuh pada tanggal 6 dan 7 Juli. Kebetulan saya ada kartu kredit Bank Mega yang tagihannya jatuh tempo tanggal 9 Juli. Karena kelupaan (sibuk dengan urusan-urusan menjelang lebaran) baru saya bayarkan via BCA tanggal 8 Juli. Sesuai dengan dugaan saya, karena masih liburan, dan tanggal 8 “kejepit” karena hari Jum’at, pembayaran saya beru masuk setelah tanggal 11, dan tentu saja kena denda keterlambatan. Yang saya sesalkan adalah, sebenarnya saya tahu cara membayar tagihan kartu kredit yang langsung masuk saat itu juga, tapi tidak saya pakai. Tapi ya sudahlah, nasi sudah menjadi bubur, tinggal ditambahi bumbu, daging ayam dan krupuk saja biar lezat 🙂

Untuk membayar tagihan kartu kredit supaya langsung masuk, kita bisa menggunakan fitur transfer antar bank. Jadi BUKAN fitur pembayaran kartu kredit. Jadi, contohnya, di ATM BCA saya bisa menggunakan fitur transfer antar bank, dengan kode Bank Mega 426 diikuti dengan nomor kartu kredit saya. Sama seperti saat kita akan melakukan transfer ke rekening bank lain, sebelum melanjutkan proses transfer, setelah memasukkan nomor rekening, nama kita (sesuai dengan yang tertera di kartu kredit) akan keluar di layar. Jadi, kita bisa yakin kalau pembayaran tadi masuk dan tidak nyasar. Nah, setelah itu, kita akan mendapatkan SMS konfirmasi dari bank yang bersangkutan bahwa pembayaran kartu kredit telah diterima (ini untuk kartu kredit Bank Mega, kartu dari bank lainnya mungkin tidak ada fitur ini).

Jadi, dengan pembayaran menggunakan transfer antar bank ini, entah mau hari libur atau hari apa, pembayaran langsung masuk 🙂 dan tidak akan kena denda. Entah kenapa fitur yang luar biasa praktis ini malah tidak disosialisasikan oleh bank-bank penerbit kartu kredit. Mungkin mereka lebih suka kalau nasabah kena denda keterlambatan. Yang lebih konyol lagi, bagi para pemilik kartu kredit Bank Mega yang ingin melakukan pembayaran via teller Bank Mega (langsung masuk juga hari yang sama), justru dikenakan biaya administrasi yang mahal. Seingat saya sekitar Rp. 50 ribu. Padahal kalau kita pakai fitur transfer antar bank, sama-sama langsung masuk, dan biaya nya sangat murah!

Artikel terkait:

Privacy Policy