Cara Cek Status Pembayaran Iuran BPJS Secara Online

Saya sudah lama ikut BPJS. Dan jujur saja, saya sudah merasakan manfaatnya. Sekitar setahun yang lalu, istri saya melahirkan dengan operasi caesar, dan biayanya seluruhnya ditanggung oleh BPJS.

Dulu saya mendaftar BPJS secara online. Dan setelah itu, saya tidak pernah tahu bagaimana cara untuk melihat status pembayaran BPJS saya. Ya pokoknya saya disiplin saja, setiap bulan jangan sampai lupa membayar iuran sebelum tanggal 10. Dulu saya pakai transfer dari ATM Mandiri. Sekarang sudah lebih mudah, karena bisa bayar lewat Tokopedia. Saya baru tahu cara untuk melihat status pembayaran iuran BPJS sekitar sebulan yang lalu. Itu pun justru dari situs salah satu perusahaan yang menerima pembayaran BPJS (SEPULSA), dan bukan dari situs resmi BPJS atau semacamnya.

Cara Cek Status Pembayaran Iuran BPJS Secara Online

Caranya sangat mudah. Kita bisa mengunjungi fasilitas yang tersedia online di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Di halaman tersebut, kita harus mengisi beberapa kolom dengan nomor kartu, dan tanggal lahir.

Setelah kita meng-klik tombol Cek, semua informasi yang kita butuhkan (Nama Peserta, Nomor Peserta, Tagihan, Denda, Total Tagihan, Tanggal Pembayaran Terakhir, Nominal Pembayaran, dan Saldo) akan ditampilkan di layar. Ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membayar tagihan BPJS mereka secara online. Jadi, dengan fasilitas ini, mereka bisa memastikan bahwa pembayaran mereka sudah masuk. Apakah itu perlu dilakukan? Segala sesuatu yang online pasti terkadang ada error nya. Contohnya, beberapa bulan yang lalu saya mencoba membayarkan tagihan BPJS milik mertua saya, dan gagal terus. Pesan error yang keluar adalah nomor tidak terdaftar (saya tidak ingat pasti pesannya apa, tapi intinya itu). Tapi sebulan setelah itu, saya coba melakukan pembayaran lagi, dan ternyata berhasil. Jadi menurut perhitungan saya, berarti mertua saya itu masih “ngutang” bayar iuran BPJS satu bulan, karena yang bulan sebelumnya gagal. Tapi itu hanya perhitungan saya sendiri, dan saya tidak yakin, karena saya dulu tidak tahu bagaimana cara cek status iuran BPJS. Nah, sekarang, dengan fasilitas untuk cek iuran online ini, kebingungan seperti yang saya alami dulu itu bisa dihindari.

Artikel terkait:

Privacy Policy