Cara Membuat Blog Di Google

Jika anda sedang mencari informasi tentang cara membuat blog di Google, tutorial pendek berikut ini mungkin dapat menjadi solusinya. Tapi sebelumnya ada baiknya jika saya bahas terlebih dahulu, apa yang sebenarnya anda cari? Kalimat “blog di Google” bisa berarti banyak hal. Apakah anda ingin membuat blog, yang kemudian bisa muncul di hasil pencarian Google.co.id untuk pencarian dengan kata kunci tertentu? Atau anda ingin membuat blog di Blogger/Blogspot, yang merupakan blogging platform milik Google?

Cara Membuat Blog Di Blogger/Blogspot

Jika yang anda cari adalah cara untuk membuat blog gratisan di Blogger, dengan subdomain Blogspot, hal tersebut sudah pernah saya bahas di tutorial ini. Mungkin memang banyak yang mencari tutorial Blogger ini dengan kata “blog di Google” karena login ke Blogger kan pakai akun Google 😀 .

Cara Membuat Blog Yang Bisa Muncul Di Hasil Pencarian Google.co.id

Jika anda ingin membuat blog, yang kemudian bisa muncul di hasil pencarian Google, sebenarnya caranya sama dengan cara membuat blog biasa. Anda bisa membuat blog gratisan di Blogger, atau di WordPress.com. Kemudian, anda harus menunggu selama (biasanya) beberapa hari, sampai Google meng-crawl dan meng-index blog gratisan anda tadi.

cara membuat blog di google 1

Kalau soal muncul atau tidak di hasil pencarian, itu tergantung keyword apa saja yang anda bidik, kualitas dari artikel-artikel yang ada di blog anda, tingkat persaingan keyword yang anda bidik, kekuatan SEO (Search Engine Optimization) blog anda, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, semua blog yang sudah di-index oleh Google pasti muncul di hasil pencarian. Tapi, kalau tingkat persaingannya tinggi (banyak blog lain yang membidik kata kunci yang sama), kemungkinan posisinya sangat rendah, dan mungkin munculnya di halaman belasan atau bahkan puluhan, sehingga kelihatannya seperti tidak muncul sama sekali karena dicari tidak ketemu. Ini lah yang sering disebut dengan SERP (Search Engine Result Pages), yaitu posisi sebuah website di hasil pencarian search engine.

Contohnya blog Akoso.com ini. Jika anda ke Google.co.id dan mencari kata kunci akoso, pasti langsung muncul di halaman depan. Kenapa? Karena tidak ada saingannya 😀 . Siapa lagi yang membidik kata kunci akoso kalau bukan saya? Tapi kalau anda mencari kata kunci kode transfer bca ke mandiri, yang merupakan salah satu kata kunci yang saya bidik dengan salah satu artikel yang ada di sini, kemungkinan anda bisa menemukan Akoso.com, tapi entah di halaman berapa. Terakhir saya cek di halaman 3. Kenapa? Karena pesaingnya banyak. Ada ratusan blog lain yang membidik kata kunci tersebut, supaya bisa mendapatkan pengunjung, karena kata kunci tersebut relatif banyak yang mencari setiap harinya.

Sekian artikel singkat yang menjelaskan tentang cara membuat blog di Google. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Privacy Policy