Cara Membuat Blog di WordPress

Tutorial berikut ini menjelaskan cara membuat blog di WordPress. Semuanya saya jelaskan langkah demi langkah, dan disertai dengan screenshot, supaya anda bisa mengikutinya dengan mudah.

1. Kunjungi WordPress.com. Jika anda ingin antar muka yang berbahasa Indonesia, kunjungi https://id.wordpress.com/.
2. Klik pada tombol Mulai.
3. Pilih salah satu dari Daftar pos terbaru saya, Halaman sambutan untuk situs saya, dan Kisi pos terbaru saya.
4. Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih Tema atau Template untuk blog anda. Pilihlah yang sekiranya cocok untuk blog anda. Anda santai saja dalam memilih, karena Tema/Template blog anda nantinya bisa diganti-ganti sesuka anda. (Gambar 1).
5. Selanjutnya anda akan diminta untuk menentukan alamat untuk blog anda. Untuk blog gratisan di WordPress, nantinya alamat blog anda akan menjadi namabloganda.wordpress.com. Jadi hanya mendapatkan subdomain saja, bukan domain sendiri. Mirip dengan blog-blog di Blogger yang menggunakan subdomain namabloganda.blogspot.com. (Gambar 2).
6. Saat anda mengetikkan alamat blog yang anda inginkan di kolom yang tersedia, sistem WordPress akan langsung melakukan pencarian. Jika alamat yang anda inginkan sudah dipakai pengguna lain, anda akan diberikan saran alamat situs yang mirip dengan yang anda inginkan.
7. Setelah berhasil menemukan yang pas dan masih available, lanjutkan dengan meng-klik Pilih. (Gambar 3).
8. Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan anda. Klik pada Pilih Gratis untuk membuat blog dengan subdomain yang sudah anda pilih tadi. (Gambar 3). Jika anda ingin menggunakan domain anda sendiri, klik pada salah satu paket lainnya yang ada di halaman tersebut. Catatan : Paket hosting WordPress.com tergolong mahal. Lebih murah jika anda berlangganan hosting tahunan saja di tempat lain 😀 .
9. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman untuk membuat akun WordPress.com anda. Isi semua kolom yang ada di sana. Ingat bahwa anda harus menggunakan alamat email yang valid. Setelah selesai, lanjutkan ke langkah berikutnya.
10. Klik pada tombol Lanjutkan. Cek email anda dan carilah email konfirmasi dari WordPress.com. Jika tidak ada, coba cari dalam folder Spam. Setelah ketemu, klik pada link (tombol Konfirmasi Sekarang) yang ada di dalam email tersebut.
11. Setelah meng-klik Konfirmasi Sekarang di email tadi, anda akan langsung masuk ke dashboard blog gratisan anda yang baru.
12. Untuk mulai menulis, lihat pada menu di sebelah kiri. Anda bisa membuat Pos Blog, Laman, atau menambahkan Media.

cara membuat blog di wordpress 1
Gambar 1

 

cara membuat blog di wordpress 2
Gambar 2

 

cara membuat blog di wordpress 3
Gambar 3

 

cara membuat blog di wordpress 4
Gambar 4

Demikian tutorial singkat yang menjelaskan cara membuat blog di WordPress. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Privacy Policy