Cara Membuat Blogspot/Blogger Dengan Cepat Dan Mudah

Banyak orang yang mencari informasi tentang cara membuat Blogspot. Selain itu, banyak juga yang mencari informasi tentang cara membuat Blogger. Tapi sebenarnya, semua orang itu mencari informasi yang sama, yaitu bagaimana cara membuat blog gratisan dengan platform Blogger, menggunakan subdomain Blogspot. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk membuatnya:

1. Kunjungi Blogger.com.
2. Klik pada tombol Buat Blog.
3. Gunakan Akun Google anda untuk login (jika anda belum punya Akun Google, anda harus membuatnya terlebih dahulu)
4. Anda akan tiba di halaman Konfirmasikan Profil Anda. Anda bisa memilih untuk membuat Profil Google + atau membuat profil khusus untuk Blogger saja. (Gambar 1).
5. Setelah anda membuat profil, anda akan masuk ke Blogger.
6. Klik pada tombol Buat Blog Baru. (Gambar 2).
7. Tentukan Judul blog anda, alamat blog yang anda inginkan (namabloganda.blogspot.com), dan tema (template) blog yang anda inginkan. Jika saat mengisi alamat blog yang anda inginkan muncul tulisan “Maaf, alamat blog ini tidak tersedia.” anda harus mencari alamat blog lainnya yang masih available. (Gambar 3).
8. Setelah selesai menentukan judul, alamat blog, dan tema, klik pada tombol Buat blog!
9. Selamat! Anda telah berhasil membuat blog gratisan di Blogger.

cara membuat blogger 1
Gambar 1

 

cara membuat blogger 2
Gambar 2

 

cara membuat blogspot 3
Gambar 3

Tentunya blog anda yang baru masih kosong. Klik pada Entri baru untuk membuat postingan baru. Cara membuat postingan baru sangat mudah, karena setelah anda meng-klik tombol Entri baru tadi, anda akan langsung tiba di halaman yang isinya text editor. Masukkan judul pada kolom Judul pos, dan ketika apa yang ingin anda tulis di blog anda di text box yang letaknya ada di bawahnya. Setelah selesai, untuk mem-publish postingan tadi, klik pada tombol Publikasikan.

Demikin tutorial singkat yang menjelaskan cara membuat Blogger atau Blogspot. Langkah-langkah selanjutnya bisa anda pelajari sendiri karena sangat mudah. Semua fitur mempunyai ikon dan tulisan yang jelas. Contohnya, di menu yang letaknya di bagian kiri layar, ada beberapa fitur seperti Pos, Statistik, Komentar, Tata Letak, Tema, dan sebagainya. Semuanya sudah jelas fungsinya apa. Tinggal anda pelajari saja bagaimana cara kerjanya 🙂 . Selamat mencoba!

Blog gratisan di Blogspot atau Blogger ini sangat cocok untuk keperluan pribadi. Tapi, tidak saya sarankan untuk membuat blog gratisan semacam ini untuk bisnis/perusahaan. Karena, sekarang hampir semua orang sudah cukup paham dengan dunia internet. Kalau anda punya perusahaan atau bisnis, tapi anda hanya menggunakan blog gratisan semacam ini, wah perusahaan atau bisnis anda akan terlihat kurang meyakinkan. Untuk membuat online presence bagi bisnis atau perusahaan, saya sarankan membuat website yang bukan gratisan, dan menggunakan domain sendiri. Toh sekarang harga domain dan hosting per tahun sangat sangat murah 🙂 .

Artikel terkait:

Privacy Policy