Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri di cPanel

Kemarin saya baru saja menjual salah satu blog saya yang menggunakan WordPress. Saya jual tidak hanya blognya, tapi sekaligus paket hosting nya. Tampaknya pembeli belum terlalu paham seluk beluk cPanel. Untuk mengakses email saja dia kebingungan. Jadi, saya rasa tidak ada salahnya jika di blog ini saya menulis tutorial yang berisi cara membuat email dengan domain sendiri di cPanel.

Memang penyedia hosting menyediakan beragam paket hosting yang spesifikasinya berbeda-beda. Tapi biasanya, untuk email, batasan yang diberikan lumayan longgar (biasanya unlimited).

  1. Masuk ke cPanel, kemudian masuk ke menu Email Accounts. membuat-email-cpanel-1
  2. Masukkan alamat email yang ingin dibuat, password yang ingin digunakan (bisa anda buat sendiri, atau menggunakan Password Generator yang tersedia), dan Mailbox Quota yang diinginkan. Setelah selesai, klik tombol Create Accountmembuat-email-cpanel-3
  3. Selesai. Sangat mudah kan?

Nah, sekarang anda sudah mempunyai alamat email dengan domain anda sendiri. Lalu, bagaimana cara mengaksesnya?

Cara Mengakses Email di cPanel

Ada 2 pilihan. Pilihan pertana, anda bisa mengakses alamat email tersebut dengan login ke cPanel terlebih dahulu, kemudian masuk ke menu Email Accounts.

mengakses-email-cpanel-1

Cari alamat email anda, lalu klik tombol More, lalu pilih Access Webmail. Pilih Default Webmail Application yang ingin anda gunakan. Dalam cPanel, yang tersedia adalah Horde, RoundCube, dan Squirrel Mail.

horde-roundcube-squirrel

Klik pada salah satu pilihan tersebut. Klik pada Set as Default jika anda ingin supaya aplikasi webmail tersebut nantinya berfungsi sebagai yang utama/otomatis dipakai. Dengan cara ini (login ke cPanel terlebih dahulu), anda tidak perlu repot mengingat password email anda.

Pilihan ke dua, anda bisa menggunakan mail client seperti Mozilla Thunderbird. Mail client ini gratis. Cara menggunakan mail client ini juga sangat mudah, dan akan saya bahas dalam tutorial berikutnya, kalau saya tidak lupa membuatnya 😀 . Tapi intinya, untuk menggunakan mail client Thunderbird ini, anda harus memasukkan Server Name, Port, Username, Password, dan memilih Connection Security serta Authentication Method. Semua settings ini bisa anda temukan di cPanel anda.

Mengakses email dengan domain sendiri via cPanel memang mudah, tapi kurang praktis. Sedangkan jika anda menggunakan mail client seperti Mozilla Thunderbird, jauh lebih praktis, tapi tetap agak merepotkan untuk di maintain, apalagi jika anda mempunyai banyak website yang masing-masing mempunyai alamat email dengan domain sendiri.

Untuk memudahkan, biasanya saya menggunakan fasilitas forwarder yang tersedia di cPanel. Jadi, semua alamat email dari semua blog yang saya miliki, saya forward ke satu alamat email, sehingga saya tidak perlu cek satu per satu.

Cara Forward Email di cPanel

Cara forward email di cPanel sangat mudah. Masuk ke menu Email, lalu klik Forwarders.

forwarders-cpanel-1

Klik Add Forwarder.

forwarders-cpanel-2

Masukkan alamat email anda yang ingin di forward ke dalam kolom Address to Forward, lalu masukkan alamat email tujuan ke dalam kolom Forward to Email Address. Setelah selesai, klik tombol Add Forwarder yang ada di bawah kolom kolom tersebut.

forwarders-cpanel-3

Selesai. Sekarang semua email yang masuk ke alamat email tersebut akan di forward ke alamat email tujuan. Tapi, ini hanya untuk menerima saja. Untuk membalas email dengan domain anda tersebut, anda tetap harus login ke email di cPanel anda. Sedangkan jika anda menggunakan Thunderbird, anda bisa langsung membalas email yang masuk, dan otomatis sudah terkirim dari email domain anda itu.

Demikian tutorial sederhana yang berisi cara membuat email dengan domain sendiri di cPanel. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Privacy Policy