Cara Membuat Email Gratisan Di Gmail Dan Yahoo

Sekarang mempunyai alamat email sudah menjadi suatu kebutuhan. Tapi, banyak orang yang masih kebingungan dan belum mengerti bagaimana cara membuat email di penyedia layanan email gratis seperti Gmail dan Yahoo. Tutorial berikut ini menjelaskan bagaimana cara membuat email dengan cepat dan mudah.

Cara Membuat Email Di Gmail

Saat ini Gmail telah menjadi penyedia layanan email gratis yang paling populer. Salah satu alasannya karena akun email Gmail bukan hanya sebatas akun email saja, melainkan juga merupakan akun Google, yang memberikan begitu banyak fasilitas gratis yang sangat bermanfaat, seperti Google Drive, dan layanan Google lainnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat email di Gmail:

  1. Kunjungi www.gmail.com.
  2. Klik pada tulisan Opsi lainnya, lalu klik pada tulisan Ciptakan akun. (Gambar 1).
  3. Isi semua form yang ada (nama depan, nama belakang, nama pengguna yang anda inginkan, sandi yang ingin anda gunakan, tanggal lahir, gender, nomor ponsel, dsb). (Gambar 2).
  4. Klik Langkah berikutnya setelah selesai mengisi semua keterangan yang diminta.
  5. Akan muncul window baru yang berisi Privasi dan Persyaratan. Scroll ke bawah dan klik pada tulisan SAYA SETUJU untuk melanjutkan.
  6. Google akan meminta verifikasi anda. Ini dilakukan Google untuk mencegah pembuatan akun massal untuk spam. Pilih apakah anda ingin verifikasi via SMS, atau via Voice Call. (Gambar 3).
  7. Setelah SMS anda terima, masukkan ke dalam kolom yang tersedia lalu klik pada tombol Continue. (Gambar 4).
  8. Email Gmail anda telah berhasil dibuat. Klik pada tombol Continue to Gmail untuk masuk ke dashboard email anda. (Gambar 5).
cara membuat email gratisan 1
Gambar 1

 

cara membuat email gratisan 2
Gambar 2

 

cara membuat email gratisan 3
Gambar 3

 

cara membuat email gratisan 4
Gambar 4

 

cara membuat email gratisan 5
Gambar 5

Demikian cara membuat email di Gmail. Sangat mudah kan? Selanjutnya bisa anda pelajari sendiri bagaimana cara menggunakan akun email Gmail tersebut. Dalam menggunakan email yang penting anda tahu bagaimana cara membuat email, cara membuka email yang masuk, dan cara membalas email. Anda juga perlu mempelajari cara attach file (melampirkan file), dan bagaimana cara membuka file yang terlampir.

Akun email Gmail tergolong aman. Jika suatu saat nanti anda lupa kata sandi email anda, anda bisa menggunakan data-data pribadi dan/atau nomor HP anda yang tadi anda gunakan untuk mendaftar, untuk me-reset nya. Jadi pastikan bahwa nomor yang tersambung dengan akun Google anda adalah nomor HP yang aktif. Kalau anda ganti nomor HP, jangan lupa di update. Cara mengganti nomor HP di akun Google sudah pernah saya bahas di sini.

Cara Membuat Email Di Yahoo

Selain Gmail, alternatif bagi anda yang ingin mempunyai alamat email gratis adalah Yahoo. Dulu sebenarnya Yahoo jauh lebih populer dibandingkan Gmail. Tapi sekarang sudah tidak lagi. Entah kenapa ada banyak penurunan di perusahaan ini, baik dari segi pelayanan maupun yang lainnya. Beberapa bulan yang lalu bahkan ada kebocoran data, yang memang diakui oleh pihak Yahoo. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat email di Yahoo. (Coming soon).

Menurut pengalaman saya, antarmuka email Yahoo agak berat. Sehingga kalau kita mengaksesnya dengan koneksi internet yang tidak cepat, biasanya agak lama loadingnya. Jadi kalau saya pribadi, semua email saya yang ada di Yahoo menggunakan tampilan yang classic, karena jauh lebih ringan. Selain itu, jika dibandingkan dengan Gmail, tampilan email Yahoo terlalu banyak iklannya yang terkadang mengganggu. Jadi, menurut saya pribadi, layanan email Yahoo sekarang kurang recommended.

Artikel terkait:

Privacy Policy