Cara Membuat Folder

Jika anda bekerja dengan komputer setiap hari, lama kelamaan pasti anda mempunyai begitu banyak file, dan terkadang menjadi cukup sulit untuk menemukan file yang anda cari. Jika anda ingin koleksi file-file anda menjadi lebih teratur, anda bisa memasukkan file-file tersebut ke dalam beberapa folder. Ini sekaligus membantu anda untuk memisahkan file-file berdasarkan mungkin jenisnya, atau topiknya, atau tahun pembuatannya, atau apapun juga sesuai dengan kebutuhan anda. Tutorial sederhana berikut ini menjelaskan cara membuat folder di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

  1. Buka lokasi tempat anda ingin membuat folder.
  2. Klik kanan pada mouse anda, pilih New -> klik pada Folder. (Gambar 1).
  3. Setelah anda meng-klik Folder, sebuah folder baru akan muncul, dan pada tulisannya masih di highlight berwarna biru. Ketikkan nama yang anda inginkan untuk folder baru tersebut. Jika anda tidak memberikan nama kepada folder tersebut, folder tersebut akan bernama New Folder. (Gambar 2).
  4. Selamat! Anda sudah berhasil membuat folder baru.  Sekarang anda bisa memasukkan file-file ke dalam folder tersebut. Lakukan hal yang sama untuk membuat beberapa folder lagi, sehingga koleksi file-file anda bisa menjadi lebih teratur.
cara membuat folder 1
Gambar 1
cara membuat folder 2
Gambar 2

 

Demikian tutorial singkat yang menjelaskan cara membuat folder pada komputer yang memakai sistem operasi Windows. Saya tidak bisa menjelaskan cara pembuatan folder di komputer yang menggunakan sistem operasi yang lain karena jujur saja selama ini saya hanya pernah memakai sistem operasi Windows saja 😀 . Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Privacy Policy