Cara Membuat Kartu Keluarga Online

cara membuat kartu keluarga online

Jika anda mencari cara membuat kartu keluarga online, anda harus baca halaman ini. Memang, di zaman yang serba modern ini hampir semuanya bisa dilakukan secara online. Tapi, sayangnya, untuk saat ini, belum ada yang namanya pembuatan kartu keluarga online. Ini karena proses pembuatan kartu keluarga, masih melibatkan unsur-unsur perangkat desa yang “tradisional.” Anda harus ke RT, RW, kantor kelurahan, dan kantor kecamatan. Jadi, akan sangat sulit jika proses pembuatan kartu keluarga di-online-kan. Apalagi mengingat bahwa dalam pembuatan kartu keluarga diperlukan data-data yang harus bisa diverifikasi secara langsung, sedangkan jika secara online, ada banyak data yang bisa dipalsukan. Mungkin suatu saat nanti bisa. Tapi saya rasa, akan lebih dari sekedar beberapa tahun lagi pengurusan kartu keluarga online bisa diwujudkan.

Berikut ini adalah prosedur pengurusan kartu keluarga, yang saya ambil dari situs resmi salah satu kabupaten:

Prosedur Pengurusan Kartu Keluarga

  1. Pemohon datang ke Kantor Kelurahan setempat dengan membawa surat pengantar RT/RW dan berkas persyaratan yang telah ditentukan beserta dokumen aslinya.
  2. Petugas Kelurahan mengecek berkas yang bersangkutan dan memberikan blanko/ data isian kartu keluarga serta memberikan informasi tentang persyaratan masa berlaku dan mekanisme pengisian blanko.
  3. Pemohon mengisi blanko/ data isian kartu keluarga yang telah disediakan di Kelurahan masing-masing sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya.
  4. Formulir yang sudah di isi diserahkan ke Kelurahan.
  5. Petugas Seksi Pemerintahan pada Kelurahan memeriksa dan meneliti blanko/ data isian kartu keluarga dan meregister dalam buku Harian Peristiwa Kependudukan serta mengajukan kepada Lurah/Kepala Desa untuk ditandatangani.
  6. Apabila berkas belum lengkap maka petugas mengembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
  7. Setelah berkas ditandatangani Lurah/Kepala Desa, Petugas Seksi Pemerintahan pada Kelurahan mencatat dalam Buku Induk Penduduk dan menyerahkan kembali kepada pemohon beserta dokumen aslinya.
  8. Pemohon mendatangi loket pelayanan KK dan KTP yang ada di Kantor Kecamatan dengan membawa berkas lengkap beserta dokumen asli.
  9. Petugas Pelayanan KK dan KTP yang ada di Kecamatan menerima dan memverifikasi berkas serta mencatat data pemohon dalam Buku Permohonan KK.
  10. Petugas Pelayanan KK dan KTP meregister berkas permohanan dan menerbitkan tanda terima pendaftaran.
  11. Berkas permohonan yang telah diregister dan berkas lainnya diteruskan ke Operator komputer.
  12. Operator komputer menerima dan mengecek biodata penduduk pada berkas permohonan dengan mensinkronisasi biodata yang diterima ke dalam Aplikasi SIAK, data yang tidak valid dikembalikan kepada petugas loket.
  13. Operator Komputer mencetak kartu keluarga sesuai data yang valid pada blangko asli rangkap 5 (lima), serta mencatat nomor serial blanko yang telah diterbitkan.
  14. Operator computer menyerahkan Cetakan kartu keluarga ke petugas Verifikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  15. KK diserahakan ke bidang Pendaftaran penduduk untuk diteliti dan diparaf Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk kemudian diteruskan ke Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk kemudian diteruskan ke kepala Dinas untuk ditandatangani dan distempel basah selanjutnya diserahkan kembali kepada staf bidang pendaftaran penduduk untuk diteruskan kepada staf Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang bertugas di kecamatan yang bersangkutan.
  16. Pemohon pada batas waktu proses yang telah ditentukan mendatangi loket Pelayanan KK dan KTP di Kecamatan.
  17. Pemohon dengan menunjukkan tanda terima pembayaran menyerahkan ke petugas pelayanan KK dan KTP di Kecamatan.
  18. Petugas Pelayanan kartu keluarga dan KTP menerima kwitansi/tanda terima dan menyerahkan kartu keluarga dan dokumen asli lainnya kepada pemohon.

Tapi jangan salah, ada beberapa hal yang berhubungan dengan kartu keluarga, yang sudah bisa dilakukan secara online. Hanya saja bukan pembuatan, melainkan sebatas pengecekan saja. Itu pun belum semua daerah menyediakan. Beberapa daerah yang sudah menyediakan pengecekan kartu keluarga online antara lain adalah:

Saya yakin masih ada banyak daerah lain yang sudah menyediakan sistem pengecekan kartu keluarga seperti ini. Ini hanya beberapa yang bisa dengan cepat saya temukan di Google.co.id, jadi hanya yang ada di halaman 1 saja.

Privacy Policy