Cara Membuat Website Yang Menghasilkan Uang

Cara Membuat Website Yang Menghasilkan Uang

Satu hal yang sering ditanyakan oleh teman-teman kepada saya adalah bagaimana cara membuat website yang menghasilkan uang. Mereka tertarik karena melihat saya yang terlihat seperti “pengangguran” tapi tetap bisa “hidup” 😛 . Walaupun pertanyaan di atas sepertinya sederhana, jawabannya sangat panjang. Pada dasarnya, untuk membuat website yang bisa menghasilkan uang, website tersebut harus mendapatkan sejumlah pengunjung setiap harinya. Nah, inilah yang tidak mudah. Membuat website bisa dipelajari dalam hitungan jam saja. Tapi cara untuk mendapatkan pengunjung, adalah sesuatu yang membutuhkan waktu untuk dipelajari, membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil, dan seringkali, juga membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Pada dasarnya website yang menghasilkan uang dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

  1. Website yang digunakan untuk menjual produk atau layanan tertentu
  2. Website yang sifatnya media (penghasilan didapatkan dari iklan)

Untuk kategori pertama, kita tidak selalu membutuhkan pengunjung yang banyak untuk bisa mendapatkan uang yang banyak. Contohnya, website yang menawarkan layanan laundry antar jemput di Jogja. Menurut pengalaman pribadi, hanya dengan pengunjung sekitar 20 orang per hari saja website semacam ini sudah bisa mendapatkan setidaknya satu order setiap hari. Dengan nilai order rata-rata Rp. 100.000 per customer, maka website tersebut sudah bisa menghasilkan Rp. 3 juta per bulan (kotor). Tapi tentunya, karena website semacam ini menjual jasa, kita tidak hanya membutuhkan dana untuk website saja. Contohnya untuk laundry, kita membutuhkan modal tambahan untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, kendaraan untuk delivery, dsb.

Website kategori pertama, terutama yang berjualan produk, sekarang mendapatkan pesaing yang cukup berat, yaitu website-website marketplace seperti Tokopedia, Bukalapa, dan OLX. Karena itu, untuk kondisi sekarang ini, jika memang niatnya mau berjualan barang, lebih baik langsung saja berjualan di salah satu marketplace tersebut. Tidak perlu membuat website 😀 .

Untuk kategori kedua, yaitu website yang sifatnya media, kita membutuhkan pengunjung yang sangat banyak. Menurut pengalaman pribadi, kita membutuhkan setidaknya 6000 pengunjung per hari, untuk bisa menghasilkan sebanyak $100 per bulan dengan memasang iklan dari Google Adsense. Cukup berat kan? Dan hasilnya sekitar $100 itu masih kurang “terasa.” Padahal ini dari Google Adsense, yang saat ini bayarannya paling besar. Kalau kita menggunakan ad network lainnya, hasilnya lebih kecil, dan otomatis kita membutuhkan pengunjung yang lebih banyak juga.

Nah, karena website yang sifatnya media sangat banyak, persaingan juga sangat berat. Dana yang dibutuhkan untuk keperluan SEO juga menurut pengalaman biasanya relatif banyak. Segi positif dari website yang sifatnya media adalah modal yang kita butuhkan hanya untuk website itu saja. Kita tidak membutuhkan modal tambahan untuk membeli bahan (jika berjualan barang) atau membeli alat (jika menjual jasa).

To be continued…

Artikel tentang cara membuat website yang menghasilkan uang ini belum selesai, karena memang ada banyak hal yang perlu dibahas.

Artikel terkait:

Privacy Policy