Cara Membuka File rar

Berikut ini adalah tutorial pendek yang membahas cara membuka file rar. Jika anda sering meng-unduh file dari internet, anda pasti sudah pernah menemui yang ekstensinya .rar. Biasanya, file semacam ini dibuat untuk meringkas banyak file menjadi satu, dan juga untuk memperkecil besar file secara keseluruhan. Contohnya, jika anda ingin mengirimkan 20 foto melalui email. Daripada anda harus attach satu per satu, akan lebih praktis jika 20 foto itu anda jadikan satu file dengan ekstensi .rar, baru setelah itu anda kirim. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuka file rar:

cara membuka file rar 1

  1. Kunjungi http://www.winzip.com/landing/open-rar-file.html dan klik pada tombol Download Now. Saat ada pop up yang muncul, klik pada Save File untuk menyimpan file installer tersebut di komputer anda.
  2. Jalankan file installer dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai. Lamanya proses instalasi tergantung kecepatan koneksi internet anda. File-file yang di-download selama proses instalasi besarnya sekitar 70 MB.
  3. Setelah proses instalasi selesai, software siap anda pakai.
  4. Cari file .rar yang ingin anda buka, klik kanan, lalu pilih WinZip -> Unzip to here. Klik pada tombol Use Evaluation Version. (Gambar 1).
  5. Tunggu selama beberapa detik, dan isi dari file .rar akan segera muncul di dalam folder yang sama tempat anda menyimpan file .rar tersebut. (Gambar 2).
cara membuka file rar 2
Gambar 1

 

cara membuka file rar 3
Gambar 2

 

Catatan : Software yang anda download ini adalah versi trial. Klik pada tombol Use Evaluation Version untuk bisa menggunakannya secara gratis, selama 21 hari.

Demikian tutorial singkat yang isinya tentang cara extract file rar. Software WinZip bukan satu-satunya software yang bisa anda gunakan untuk membuka file dengan ekstensi .rar. Anda juga bisa mencoba WinRAR yang tersedia di http://www.rarlab.com/download.htm. Software WinRAR yang ter-install di komputer saya sudah habis masa trial nya. Tapi, software tersebut tetap bisa saya gunakan untuk membuka file rar. Caranya hampir sama dengan yang sudah saya jelaskan di atas. Dan dengan WinRAR, file bisa langsung terbuka isinya, tanpa harus klik Use Evaluation Version seperti di WinZip. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Privacy Policy