Cara Memindahkan Foto Dari HP Ke Laptop

Ada beberapa cara memindahkan foto dari HP ke laptop, dan semuanya menurut saya relatif mudah. Berikut ini saya jelaskan cara-cara tersebut satu per satu. (Karena yang paling banyak digunakan saat ini adalah smartphone dengan sistem operasi Android, tutorial yang saya buat ini untuk smartphone Android).

Menggunakan Kabel Data

Cara yang paling mudah untuk memindahkan foto dan data lainnya dari HP ke Laptop adalah dengan menggunakan kabel data. Lalu dari mana anda bisa mendapatkan kabel data? Jika anda menggunakan smartphone Android, anda pasti mendapatkan charger kan? Nah, kabel yang ada pada charger itu adalah kabel data. Copot kabel yang ada pada charger anda itu, dan pasang pada smartphone anda seperti ketika anda akan mengisi baterai. Setelah itu, colokkan ujung yang satunya lagi ke port USB yang ada pada laptop atau PC anda.

Setelah smartphone Android anda terhubung dengan laptop atau PC anda, jika anda menggunakan sistem operasi Windows 7 atau yang lebih baru, biasanya akan langsung keluar menu AutoPlay seperti yang ada di bawah ini:

Cara Memindahkan Foto Dari HP Ke Laptop 1
Contoh menghubungkan smartphone Zenfone Laser dengan PC Windows 7

Klik pada Open device to view files. Setelah itu, anda akan mendapatkan pilihan untuk melihat isi dari Internal storage atau SD card seperti di bawah ini:

Jika anda ingin memindahkan foto-foto atau video dari kamera smartphone anda, masuk ke Internal storage, lalu masuk ke folder DCIM -> Camera. Setelah itu pilih foto atau video mana saja yang ingin anda pindahkan ke laptop/PC anda, klik kanan, lalu klik cut. Setelah itu, paste di laptop/PC anda. Saya yakin untuk proses cut/copy paste ini anda semua pasti sudah mengerti, karena sama dengan saat kita memindahkan file dari satu tempat ke tempat lainnya di hard disk atau USB yang biasa kita pakai.

Jika anda ingin memindahkan foto-foto atau video dari SD card yang ada di dalam smartphone anda, langsung saja klik SD card. Biasanya di dalam SD card ada beberapa folder, tinggal anda cari saja file foto atau video yang akan anda pindah sampai ketemu, lalu pindahkan dengan cara yang sama seperti yang saja jelaskan dalam paragraf sebelumnya.

Note : Cara memindahkan file dengan menggunakan kabel data ini juga dapat dipraktekkan jika anda sedang mencari cara menyambungkan Android ke PC dengan kabel data.

Menggunakan Bluetooth

Kalau anda menggunakan laptop yang ada Bluetooth nya, anda bisa memindahkan file dari smartphone anda ke laptop tanpa menggunakan kabel data. Cara memindahkan file menggunakan Bluetooth ini juga relatif mudah. Langkah pertama, tentunya anda harus menyalakan Bluetooth di smartphone dan laptop anda. Setelah itu, anda harus melakukan pairing. Biasanya perangkat yang di pairing kan akan meminta anda untuk memasukkan kode verifikasi. Setelah proses pairing ini berhasil, kedua perangkat tersebut akan tersambung, dan anda bisa melakukan transfer file. Caranya mirip dengan saat kita memindahkan foto atau file lainnya dari satu smartphone ke smartphone lainnya. Bedanya dengan memindahkan file menggunakan kabel data adalah, saat menggunakan Bluetooth, kita tidak melakukan copy/cut dan paste, melainkan Send to.

Menggunakan Google Drive atau DropBox

Ini cara yang kurang praktis, tapi dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin memindahkan file ke komputer yang tidak dilengkapi dengan Bluetooth, dan anda juga kebetulan tidak membawa kabel data. Secara singkat, anda tinggal meng-upload saja foto, video, atau file lainnya yang ingin anda pindah ke Google Drive atau DropBox. Setelah itu, buka akun Google Drive atau DropBox anda tadi di komputer, dan pindahkan (download) semua file tadi.

Cara ini saya anggap kurang praktis karena kita harus dua kali kerja. Upload dulu, kemudian baru download ke komputer. Kalau jumlah file yang dipindah banyak, lalu file size nya besar, dan koneksi internet lambat, bisa memakan waktu yang sangat lama 😀 .

Sekian tutorial yang sederhana tentang cara memindahkan foto dari HP ke laptop. Tutorial ini juga mungkin bermanfaat bagi para pengunjung yang sedang mencari cara transfer file dari PC ke Android dengan kabel data, karena pada dasarnya caranya sama saja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂 .

Artikel terkait:

Privacy Policy