Cara Mengganti Kata Sandi Akun Google

Untuk keamanan, sebaiknya kita mengganti kata sandi atau password akun Google kita setidaknya sebulan sekali. Berikut ini adalah tutorial pendek yang menjelaskan tentang cara mengganti kata sandi akun Google.

Mengganti Kata Sandi Akun Google di Komputer

  • Kunjungi accounts.google.com dan login ke akun anda.
  • Setelah anda berhasil masuk, keluarkan menu tambahan yang ada di sudut kanan atas (Gambar 1), dan klik pada Akun Saya.
  • Pada halaman berikutnya, klik pada Login & keamanan. (Gambar 2)
  • Setelah itu, di halaman berikutnya, scroll ke bawah dan klik pada Sandi. (Gambar 3)
  • Langkah berikutnya anda akan diminta untuk login kembali (untuk memastikan bahwa memang benar pemilik akun yang ingin mengganti sandi, bukan orang iseng yang kebetulan menemukan komputer dengan akun Google yang belum log out 😛 ).
  • Berikutnya, anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru yang ingin anda gunakan. (Gambar 4)
cara mengganti kata sandi akun google 1
Gambar 1
cara mengganti kata sandi akun google 2
Gambar 2
cara mengganti kata sandi akun google 3
Gambar 3
cara mengganti kata sandi akun google 4
Gambar 4

Memang sekilas cara mengganti kata sandi akun Google terlihat agak rumit. Ini juga yang mungkin menjadi alasan kenapa banyak orang yang sama sekali tidak pernah mengganti kata sandi akun Google mereka. Padahal sebenarnya, walaupun awalnya terlihat rumit, setelah mempraktekkannya satu atau dua kali, akan terasa sangat mudah.

Cara Ganti Password Akun Google Di Smartphone Android

Jika anda jarang login ke akun Google anda menggunakan komputer, anda juga bisa mengganti kata sandi akun Google anda dengan menggunakan smartphone Android anda. Tapi, sebenarnya caranya relatif sama. Setelah anda ke menu Setelan -> Akun -> Google -> (Pilih akun mana yang ingin anda ganti kata sandinya) -> Tap/sentuh pada opsi Ubah Sandi Anda, secara otomatis browser smartphone anda akan dibuka, dan anda harus melakukan penggantian kata sandi dengan menggunakan web interface Google. Jadi bukan langsung melalui salah satu fitur yang disediakan di smartphone Android anda.

Demikian tutorial singkat yang menjelaskan tentang cara ganti password akun Google, baik menggunakan komputer, ataupun menggunakan smartphone Android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel terkait:

Privacy Policy