Cara Menggunakan Dropbox (Komputer Dan Smartphone Android)

Sebelum kita membahas cara menggunakan Dropbox, ada baiknya jika kita bahas terlebih dahulu apa itu Dropbox. Dropbox adalah fasilitas penyimpanan file online yang memudahkan kita tidak hanya dalam menyimpan file-file kita, tapi juga dalam berbagi akses ke file-file tersebut dengan teman, rekan kerja, keluarga, atau yang lainnya. Salah satu contoh penggunaan Dropbox adalah di dalam dunia akademis, di mana para dosen bisa meng-upload materi kuliah mereka ke Dropbox, sehingga para mahasiswa bisa mengakses semua yang mereka butuhkan dengan mudah.

Cara menggunakan Dropbox sangat mudah. Karena Dropbox ini tersedia untuk komputer dan smartphone, saya akan menjelaskan keduanya. Untuk komputer yang akan saya jelaskan adalah penggunaan dengan sistem operasi Windows 7, dan untuk smartphone yang akan saya jelaskan adalah penggunaan dengan sistem operasi Android.

Cara Menggunakan Dropbox Di Komputer

Membuat Akun Dropbox

Sebelum kita bisa menggunakan Dropbox, terlebih dahulu kita harus membuat akun dengan mengunjungi dropbox.com. Cara membuat akun sangat mudah, karena kita tinggal mengisi saja signup form yang tersedia di homepage layanan tersebut. Data yang perlu diisi adalah nama lengkap kita, email kita, dan password yang ingin kita gunakan untuk akun Dropbox kita nanti. Klik tombol Sign up for free setelah selesai mengisi.

Setelah kita meng-klik tombol Sign up for free, kita akan dibawa ke halaman download seperti yang ada di bawah ini. Jadi memang untuk menggunakan Dropbox, kita harus meng-install aplikasinya di komputer yang kita gunakan. Klik pada tombol Download Dropbox untuk memulai prosesnya.

Klik pada tombol Save File, dan tunggu selama beberapa detik. Setelah file installer nya selesai di-download, jalankan file tersebut dengan meng-klik nya. Ikuti instruksi installasi aplikasi tersebut sampai selesai. Jika koneksi internet anda cepat, prosesnya hanya memakan waktu sekitar 3 menit saja.

Mulai Menggunakan Dropbox

Setelah instalasi berhasil, akan ada pop up yang muncul dengan tulisan “Selamat! Dropbox Anda berhasil dipasang.” Klik pada tombol Buka folder Dropbox saya untuk mulai menggunakannya.

Anda akan melihat beberapa halaman yang isinya informasi singkat mengenai Dropbox. Setelah itu, anda akan melihat bahwa sekarang di komputer anda ada folder Dropbox seperti yang ada di bawah ini:

Untuk menaruh file-file ke dalam Dropbox anda, anda tinggal drag and drop atau copy dan paste saja. Hampir sama dengan saat anda meng-copy atau memindah file dari folder-folder yang ada di komputer anda.

Semua file yang ada di Dropbox anda sifatnya pribadi. Tidak ada orang lain yang bisa mengaksesnya, sampai anda membaginya. Untuk memberi orang lain akses ke file anda, anda tinggal klik kanan di file tersebut, lalu klik Bagikan. Selanjutnya anda bisa mengatur dengan siapa anda ingin berbagi file tersebut. Anda bisa menggunakan fasilitas Undang untuk memberikan akses ke seseorang via email, atau membuat tautan (link) khusus untuk file tersebut, lalu siapapun yang mempunyai tautan tersebut bisa mengaksesnya. Untuk membuat tautan khusus untuk sebuah file, klik Buat tautan. Setelah tautan dibuat, klik Pengaturan tautan untuk mengatur (misalnya anda ingin supaya siapa saja yang mempunyai tautan tersebut bisa mengakses, atau hanya orang yang mempunyai passwordnya saja yang bisa mengakses), atau Salin tautan untuk mengambil tautan tersebut.

Jika anda membagi akses ke file tersebut melalui fitur Undang, Dropbox akan mengirimkan email ke orang yang emailnya anda masukkan, yang berisi link untuk melihat file yang anda share.

Cara Menggunakan Dropbox Di Smartphone Android

Sebelum anda bisa menggunakan Dropbox di smartphone Android anda, tentu saja terlebih dahulu anda harus meng-install aplikasinya. Aplikasi Dropbox tersedia di Playstore. Kunjungi Playstore, lalu carilah Dropbox. Tap pada tombol Install untuk memulai proses instalasi. Setelah instalasi berhasil, buka aplikasi tersebut.

Jika anda sudah mempunyai akun Dropbox, klik Sign in. Jika anda belum mempunyai akun Dropbox, klik tombol SIGN UP. Sama seperti ketika anda membuat akun Dropbox melalui komputer dengan mengunjungi dropbox.com, untuk membuat akun anda harus memasukkan nama lengkap, email, dan password yang ingin anda gunakan.

Dropbox untuk smartphone Android sangat simpel, jadi anda pasti tidak akan kesulitan dalam menggunakannya. Salah satu fitur yang sangat bermanfaat dari Dropbox Android ini adalah fitur back up otomatisnya. Jadi, jika anda menggunakan fitur ini, semua foto dan video yang anda ambil dengan smartphone anda akan otomatis di-copy ke dalam Dropbox anda, sehingga jika terjadi sesuatu kepada smartphone anda, anda tidak akan kehilangan koleksi foto dan video anda. Dan tentunya, semua file anda itu, baik foto, video, dan yang lainnya, juga dapat dengan mudah anda akses dari device lain, misalnya dari laptop atau PC anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

  • Apakah Dropbox gratis?

Ya. Dropbox menyediakan layanan gratis, dan juga layanan berbayar (paid).

  • Berapa kapasitas penyimpanan Dropbox yang versi gratis?

Untuk Dropbox yang versi gratis, kapasitas penyimpanannya sebesar 2 GB. Jika anda ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, anda bisa berlangganan layanan Dropbox Plus (kapasitas penyimpanan 1 TB), atau Dropbox Business.

Dropbox Plus harganya tidak murah 😀 . Anda harus membayar $9.99 per bulan, atau $99 jika anda langsung membayar untuk satu tahun. Karena itu lah saya tidak membahas panjang lebar tentang Dropbox untuk Android. Karena, kapasitas 2 GB itu terlalu sedikit, dan jika dipakai oleh para penggemar selfie, kemungkinan 1 atau 2 bulan saja sudah habis 😛 . Sedangkan versi berbayarnya? Terlalu mahal menurut saya 😀 .

Artikel terkait:

Privacy Policy