Cara Menggunakan Google Drive

Akun Google anda dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik. Salah satunya adalah Google Drive. Dengan Google Drive, anda bisa dengan mudah menyimpan berbagai file. Selain itu, anda juga bisa dengan mudah berbagi file dengan teman atau rekan kerja anda. Tapi tentunya, tidak semua file yang anda simpan di Google Drive akan bisa diakses oleh orang lain. Hanya file-file yang memang anda share yang bisa dilihat oleh orang lain. Jadi, selain sebagai fasilitas file sharing, Google Drive juga cocok sebagai fasilitas penyimpanan pribadi.

Berikut ini adalah tutorial singkat yang menjelaskan tentang cara menggunakan Google Drive dengan komputer dan dengan smartphone Android:

Cara Menggunakan Google Drive Dengan Komputer (Laptop/PC)

  • Jika anda sudah mempunyai akun Google, anda bisa langsung mengunjungi https://www.google.com/drive/ lalu login. Cara loginnya menggunakan form yang sama dengan email Gmail. Jadi kalau password dan username anda sudah di-save di browser anda, anda bisa langsung login dengan beberapa kali klik saja.
  • Setelah berhasil login, anda akan masuk ke dalam dashboard Google Drive anda. (Gambar 1). Untuk langsung mulai meng-upload file ke Google Drive, anda bisa langsung klik kanan dan pilih Upload files. Jika anda ingin lebih terorganisir, anda bisa klik kanan lalu New folder, beri folder tersebut nama, dan baru meng-upload file-file anda ke folder tersebut. Penggunaan interface Google Drive mirip dengan management file di Windows, jadi sangat mudah.
  • Untuk berbagi akses ke sebuah file dengan orang lain, anda bisa klik kanan di file tersebut lalu pilih Share atau Get shareable link. Jika anda menggunakan fitur share, anda akan diminta untuk memasukkan email dari orang yang akan anda beri akses ke file tersebut. Jika anda menggunakan fitur Get shareable link, anda akan mendapatkan link/tautan yang khusus menuju ke file tersebut. Jadi siapapun yang mempunyai link itu bisa mengaksesnya.
Cara menggunakan Google Drive di komputer 2
Gambar 1

Dengan Google Drive anda benar-benar mempunyai kontrol yang maksimal atas file yang anda share. Anda bisa setting supaya semua orang yang mempunyai link bisa mengakses suatu file, atau hanya orang-orang yang secara spesifik anda beri akses saja. Anda juga bisa menentukan siapa saja yang bisa edit dan comment.

Cara Menggunakan Google Drive Dengan Smartphone Android

  • Cari Google Drive di antara puluhan aplikasi yang ter-install di smartphone Android anda, lalu tap pada iconnya untuk membuka aplikasi tersebut.
  • Setelah masuk, anda akan langsung melihat dashboard Google Drive anda. Tap pada tombol biru bertanda plus yang ada di bagian kanan bawah layar untuk membuat folder, meng-upload file, scan (mengambil gambar menggunakan kamera smartphone anda), atau membuat file-file dengan Google Docs, Google Sheets, atau Google Slides).

Cara Menggunakan Google Drive Offline

Memang secara default untuk menggunakan Google Drive kita harus online, alias mempunyai akses ke internet. Tapi, ada cara untuk menggunakan Google Drive secara offline, sehingga kita bisa mengakses file-file kita yang tersimpan di Google Drive saat kita tidak mempunyai koneksi internet.

Untuk bisa membuka file-file di Google Drive secara offline sebelumnya kita harus mengaktifkan fitur offline access, dengan menggunakan Google Chrome. Kita harus menambahkan ekstensi Google Chrome yang bernama Google Docs Offline. Langkah ini harus dilakukan secara online, karena kita kan harus men-download ekstensi tersebut terlebih dahulu. 🙂 .

Untuk membuka file-file Google Drive secara offline, kita harus membuka Chrome (pastikan sudah sign in), membuka drive.google.com/drive/settings, lalu mencentang kotak di samping  “Sync Google Docs, Sheets, Slides & Drawings files to this computer so that you can edit offline.

Harap diingat bahwa dengan menggunakan Google Drive Offline, kita sama saja menyimpan file-file kita di device kita. Jadi, kita harus mempunyai kapasitas penyimpanan yang memadai. Mungkin karena itu lah penggunaan Google Drive secara offline ini tidak terlalu populer. Karena kan sama saja dengan menyimpan file dengan cara yang biasa 😛 .

 

Untuk ukuran fasilitas file sharing yang gratis, kapasitas penyimpanan yang diberikan oleh Google Drive tergolong sangat besar, yaitu 15 GB. Jika kapasitas sebesar itu masih belum cukup, anda bisa menggunakan fasilitas berbayar yang kapasitasnya jauh lebih besar, tapi harganya tidak terlalu murah.

Sekian tutorial singkat yang menjelaskan cara menggunakan Google Drive dengan komputer dan smartphone Android. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Privacy Policy