Cara Menggunakan Kartu Kredit

Karena banyak pengunjung blog ini yang mencari informasi tentang cara menggunakan kartu kredit, saya rasa tidak ada salahnya jika saya membuatkan artikel khusus tentang hal ini.

Berbelanja di Toko Menggunakan Kartu Kredit

Cara menggunakan kartu kredit sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal datang saja ke tempat di mana anda ingin berbelanja, pilih barang yang ingin anda beli, kemudian ke kasir untuk melakukan pembayaran, persis seperti ketika anda membeli sesuatu menggunakan cash. Bedanya, anda tidak memberikan uang kepada kasir, melainkan kartu kredit anda. Kasir akan memproses transaksi kartu kredit anda menggunakan EDC, meminta anda untuk meng-input PIN kartu kredit anda, dan selesai. Kartu kredit anda akan dikembalikan, beserta dengan receipt dan nota dari toko tempat anda berbelanja itu.

Catatan : Ada toko-toko tertentu yang akan meminta anda untuk menunjukkan kartu identitas anda, misalnya KTP atau SIM. Ini biasanya dilakukan oleh toko-toko yang menjual barang-barang seperti emas, atau produk elektronik, yang biasanya nilai transaksinya cukup besar karena harga barang-barangnya relatif mahal.

Menggunakan Kartu Kredit Untuk Berbelanja Secara Online

Jika anda ingin menggunakan kartu kredit untuk berbelanja secara online, berikut adalah langkah-langkahnya. Setiap online marketplace atau toko online mempunyai sistem checkout yang berbeda-beda, jadi saya akan menjelaskan secara garis besarnya saja.

  1. Kunjungi online marketplace atau toko online tempat anda ingin membeli barang yang anda inginkan, misalnya Tokopedia, atau Bukalapak.
  2. Pilih barang yang ingin anda beli.
  3. Lanjutkan ke tahap pembayaran.
  4. Pilih menu pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
  5. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu kredit anda, masa berlaku kartu kredit anda (bulan dan tahunnya, yang tertera di kartu kredit anda), dan 3 digit CVV yang ada di balik kartu anda (ada sederet angka, CVV adalah 3 digit terakhir).
  6. Transaksi kartu kredit anda lalu diproses. Dalam proses ini, jika kartu anda sudah dilengkapi dengan 3D Secure Service (Verified by Visa atau Mastercard SecureCode), yang merupakan langkah verifikasi tambahan untuk keamanan, anda akan mendapatkan kiriman SMS yang berisi one time PIN/PIN sekali pakai. Untuk ponsel Android, terkadang PIN masuk bukan dalam bentuk SMS, tapi dalam bentuk pop-up message. PIN ini dikirim ke nomor ponsel yang terhubung dengan kartu kredit anda (biasanya yang anda gunakan saat apply kartu kredit). Masukkan PIN itu ke kolom yang muncul di layar anda, dan lanjutkan ke langkah berikutnya. Jika pembayaran tersebut sukses diproses, maka anda sudah berhasil membeli barang yang anda inginkan.

Jika anda berbelanja di online marketplace menggunakan kartu kredit, dan ternyata kemudian transaksi anda batal, misalnya karena penjual kehabisan stok atau yang lainnya, dana anda akan dikembalikan ke kartu kredit anda, tapi biasanya prosesnya agak lama.

Anda harus ekstra hati-hati dalam menggunakan kartu kredit untuk pembelian secara online. Pastikan anda hanya berbelanja di toko-toko online atau marketplace yang benar-benar terpercaya. Akan jauh lebih aman jika anda berbelanja online dari gadget atau dari komputer milik anda sendiri. Hindari melakukan transaksi online dari komputer “umum” seperti di warnet. Ini untuk menghindari resiko dicurinya data-data kartu kredit anda.

Artikel terkait:

Privacy Policy