Cara Menggunakan SHAREit Di PC

Ada berbagai cara untuk berbagi file antar perangkat dengan sistem operasi yang berbeda. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti Shareit, yang dikembangkan oleh Lenovo. Jika anda sering perlu untuk memindahkan atau share file, baik itu berupa foto, dokumen, video, ataupun yang lainnya, tidak ada salahnya jika anda mencoba SHAREit. Artikel berikut ini membahas cara menggunakan SHAREit di PC.

1. Pertama-tama download dan install aplikasi SHAREit di komputer anda. Sayangnya, walaupun aplikasi ini dibuat oleh Lenovo, justru website Lenovo sendiri tidak menyediakan link downloadnya. Tapi jangan khawatir karena anda bisa download aplikasi ini di Softonic : https://shareit.en.softonic.com/. Catatan : Hati-hati saat download di Softonic karena seringkali tombol Start Download yang muncul hanyalah iklan, dan bukan tombol download yang sebenarnya.
2. Klik tombol Free Download. (Gambar 1).
3. Klik tombol Alternative Download yang ada di bagian bawah. (Gambar 2).
4. Sebuah window kecil akan muncul. Klik pada Save File. (Gambar 3).
5. Jalankan file installer tersebut dan ikuti semua langkah sampai selesai. (Gambar 4). Instalasi hanya memakan waktu beberapa detik saja.
6. Saat menjalankan aplikasi ini untuk pertama kali, anda akan ditanya apakah anda memperbolehkan Lenovo untuk mengumpulkan berbagai informasi untuk kepentingan pengembangan aplikasi mereka. Klik Accept. (Gambar 5).
7. Saat dijalankan, SHAREit akan langsung mencari perangkat SHAREit, atau perangkat lain di jaringan anda yang sudah di-install aplikasi SHAREit. (Gambar 6).
8. SHAREit menggunakan Bluetooth atau Hotspot untuk mentransfer file antar perangkat. Jadi salah satu dari itu harus ada.
9. Klik pada tulisan Is the device you are searching for not found? yang ada di bagian bawah, dan perhatikan personal network name dan password. (Gambar 7).
10. Buka dan jalankan aplikasi SHAREit pada perangkat lain yang ingin anda hubungkan. Dalam contoh ini saya gunakan smartphone Android saya. Tap pada More di bagian kanan bawah, lalu tap pada Connect PC.
11. Jika PC dan smartphone Android anda menggunakan jaringan hotspot yang sama, maka PC anda akan langsung keluar iconnya di smartphone Android anda.
12. Tap pada username PC anda itu, dan masukkan password yang ditampilkan di layar PC anda. Dalam contoh ini, 26818707. Lalu tap Ok.
13. Akan muncul tulisan Connecting to USER (USER adalah PC anda). Tunggu selama beberapa detik. SHAREit di PC akan bertanya, Would you accept (smartphone Android anda)’s connection request. Klik Accept. (Gambar 8).
14. Selamat! Anda telah berhasil menghubungkan PC anda dengan smartphone Android anda. Untuk mengirimkan file, tinggal lakukan drag and drop saja. (Gambar 9).

Update : Aplikasi ini juga tersedia di www.ushareit.com yang merupakan situs resminya.

Cara Menggunakan SHAREit Di PC 1
Gambar 1

 

Cara Menggunakan SHAREit Di PC 2
Gambar 2

 

Cara Menggunakan SHAREit Di PC 3
Gambar 3

 

Cara Menggunakan SHAREit Di PC 4
Gambar 4

 

Cara Menggunakan SHAREit Di PC 5
Gambar 5

 

Cara Menggunakan SHAREit Di PC 6
Gambar 6

 

Cara Menggunakan SHAREit Di PC 7
Gambar 7

 

Cara Menggunakan SHAREit Di PC 8
Gambar 8

 

Cara Menggunakan SHAREit Di PC 9
Gambar 9

 

Catatan : Tepat setelah saya disconnect sambungan pada SHAREit, koneksi internet saya via hotspot langsung error 😀 tidak perlu khawatir. Cukup disconnect saja koneksi internet, lalu connect lagi.

Demikian tutorial yang menjelaskan cara menggunakan SHAREit di PC, dengan menggunakan Hotspot. Saya tidak menjelaskan cara menggunakan SHAREit dengan Bluetooth, karena memang komputer saya tidak ada Bluetooth nya 😀 .

Artikel terkait:

Privacy Policy