Cara Menghapus Riwayat Di Google

Tutorial berikut ini menjelaskan cara menghapus riwayat di Google. Sebenarnya Google menyimpan riwayat pencarian dan website mana saja yang telah kita kunjungi untuk memudahkan kita dalam berselancar di dunia maya. Tapi, ada kalanya kita perlu menghapus riwayat di Google, mungkin karena kita ingin menjaga privasi kita, atau karena sebab-sebab lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus riwayat di Google:

  1. Kunjungi halaman Aktivitas Saya yang ada di sini : https://myactivity.google.com/?utm_source=help.
  2. Login dengan menggunakan akun Google anda.
  3. Anda akan masuk ke dashboard utama. Di halaman tersebut anda bisa melihat beberapa aktivitas anda yang paling baru, seperti apa saja yang baru saja anda telusuri dengan menggunakan Google Search, tempat-tempat yang anda cari di Google Maps, apa yang anda cari di Google Play, dan sebagainya.
  4. Klik pada tulisan Hapus aktivitas menurut yang ada di menu sebelah kiri.
  5. Anda akan tiba di halaman di mana anda bisa menghapus aktivitas menurut tanggal, atau menurut produk Google yang anda gunakan. (Gambar 1). Setelah menentukan pilihan, klik pada tulisan HAPUS.
Cara Menghapus Riwayat Di Google 1
Gambar 1

Selain menghapus aktivitas yang lalu (history), anda juga bisa menentukan bagaimana dan apa saja dari aktivitas-aktivitas anda di masa depan yang boleh disimpan di akun Google anda. Untuk mengatur hal ini, anda bisa mengunjungi menu Kontrol aktivitas.

Sekian tutorial pendek yang menjelaskan tentang cara menghapus riwayat di Google. Semoga bermanfaat.

Catatan : Mungkin banyak pengguna yang rancu, dan mencari cara menghapus aktivitas di Google, padahal sebenarnya yang mereka cari adalah bagaimana cara menghapus aktivitas di web browser mereka, entah itu Firefox, Opera, Chrome, atau yang lainnya. Cara menghapus aktivitas/history di web browser akan saya terangkan di artikel-artikel lainnya.

Privacy Policy