Cara Mengirim Email Lewat HP Android

Memang cara mengirim email lewat HP Android itu sangat mudah dan hampir semua pengguna Android sudah mengetahuinya. Tapi, ternyata masih banyak yang belum benar-benar paham bagaimana cara melakukannya. Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah mengirim email menggunakan smartphone Android. Catatan : Smartphone Android yang saya gunakan menggunakan bahasa Inggris, jadi mungkin ada sedikit perbedaan dalam bahasa yang digunakan oleh aplikasi Gmail ini. Tapi, dengan melihat beberapa gambar yang tersedia di bawah anda tidak akan bingung 🙂 .

  1. Cari aplikasi Gmail yang ada di antara puluhan aplikasi yang biasanya terinstall di smartphone Android. Setelah ketemu, ketuk pada iconnya untuk membuka aplikasi tersebut. (Gambar 1)
  2. Jika smartphone Android anda memang sudah terhubung dengan Google Account yang anda miliki, saat anda membuka aplikasi Gmail, anda akan otomatis login ke dalam email anda. Ketuk pada gambar pena dengan bulatan merah yang ada di bagian kanan bawah layar. (Gambar 2)
  3. Dalam kolom To, isikan alamat email yang ingin anda kirimi email, lalu isikan subject email anda dalam kolom Subject, dan tap pada kolom Compose email, lalu ketik isi email anda di situ. (Gambar 3)
  4. Jika anda ingin menambahkan attachment (untuk mengirimkan file bersama dengan email anda), tap pada gambar paperclip yang ada di bagian atas layar, dan pilih file mana yang ingin anda attach.
  5. Setelah selesai menulis email, tap pada gambar panah/segitiga yang ada di bagian kanan atas layar untuk mengirimkan email anda. (Gambar 3)
  6. Setelah anda tap pada gambar panah/segitiga, akan muncul tulisan Sending message.. yang biasanya tidak terlalu lama hanya beberapa detik saja. (Gambar 4)
  7. Selamat! Email sudah terkirim 🙂
Cara Mengirim Email Lewat HP 0
Gambar 1
Cara Mengirim Email Lewat HP 1
Gambar 2
Cara Mengirim Email Lewat HP 2
Gambar 3
Cara Mengirim Email Lewat HP 3
Gambar 4

Sekian tutorial sederhana dan pendek yang menjelaskan tentang cara mengirim email lewat HP Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Privacy Policy