Cara Mengubah File Word ke PDF

Jika anda sedang mencari cara mengubah file Word ke PDF, anda harus baca tutorial berikut ini. Di dalam tutorial yang singkat ini saya jelaskan beberapa cara untuk mengubah file dari format Word menjadi PDF. Ada banyak skenario di mana kita perlu mengubah sebuah file Word menjadi PDF. Kalau saya pribadi, biasanya saya melakukan hal ini saat membuat proposal, company profile, atau hal lain yang sifatnya resmi yang akan saya kirimkan via email. Alasannya sederhana. Hal-hal seperti proposal dan company profile lebih rapi dan enak dibaca jika dalam format PDF, bukan file Word 😀 .

cara mengubah file word ke pdf

Dulu, untuk mengubah file Word menjadi PDF, kita harus menggunakan sebuah software yang di-install di komputer kita. Tapi sekarang, sudah ada banyak website yang memungkinkan kita untuk melakukan konversi tanpa harus meng-install apapun. Dan hebatnya lagi, semua website tersebut menyediakan layanan secara gratis. Berikut ini adalah beberapa website konversi file yang bisa anda coba:

FreePDFconvert.com

  • Website yang satu ini sangat mudah untuk digunakan. Pertama-tama, klik pada tulisan Select any file.

Cara Mengubah File Word ke PDF 1

  • Pilih file mana yang ingin anda ubah menjadi format PDF.
  • Tunggu selama beberapa detik, akan muncul tulisan Converting, please wait…
  • Setelah selesai, akan muncul tombol Download. Klik pada tombol tersebut, dan Save File untuk menyimpan file hasil konversi tadi ke komputer anda.

Website ini memang menyediakan layanan konversi file secara gratis. Tapi, untuk para pengguna gratis, jumlah file yang bisa diproses dibatasi. Tapi ini tidak masalah. Kalau sudah mencapai limit tapi anda masih punya file yang ingin diubah formatnya ke PDF, gunakan saja website konversi lainnya 😀 . Hasil konversi website ini bersih, artinya tidak ada watermark yang ditambahkan ke file tersebut.

WordToPDF.com

Website yang satu ini cara penggunaannya sedikti lebih ribet jika dibandingkan dengan FreePDFconvert.com. Kenapa ribet? Karena nantinya hasil konversinya tidak bisa langsung kita download. Kita harus memasukkan alamat email kita, dan nanti hasil konversi akan dikirim ke sana. Hal semacam ini menyita waktu, dan dengan memasukkan alamat email kita, kemungkinan nantinya kita akan mendapat kiriman email berisi berbagai penawaran.

Website WordToPDF.com ini milik Nitro, yang merupakan pengembang software Nitro Pro. Jika anda tertarik, anda bisa mencoba software Nitro Pro yang versi trial nya bisa anda gunakan selama 14 hari. Dengan software ini anda bisa mengubah file Word ke PDF, dan sebaliknya, PDF ke Word atau ke format Microsoft Office lainnya. Anda juga bisa menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Tapi ini hanya informasi yang saya dapatkan dari website nya saja lho 😀 Saya tidak ngiklan, dan saya juga belum mencoba sendiri. Jujur saya saya pribadi kurang suka mencoba software dengan sistem trial.

ilovepdf.com

Nama domain website yang ini agak gimana gitu 😀 tapi website ini menyediakan layanan konversi yang gratis dan simpel.

  • Klik pada tombol Select WORD file.
  • Pilih file mana di komputer anda yang ingin anda ubah menjadi format PDF.
  • Klik pada tulisan CONVERT TO PDF dan tunggu selama beberapa detik.
  • Setelah selesai, akan otomatis muncul pop up untuk menyimpan file anda. Klik pada Save File untuk menyimpannya.

Hasil konversi bersih, tanpa penambahan watermark.

Demikian tutorial sederhana yang menjelaskan cara mengubah file Word ke PDF. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Privacy Policy