Cara Pembayaran BPJS Kesehatan Paling Mudah

Cara Pembayaran BPJS

Dulu, pembayaran iuran bulanan BPJS harus lewat ATM. Tapi sekarang, ada banyak cara pembayaran BPJS kesehatan yang jauh lebih praktis. Contohnya, sekarang kita bisa membayar iuran BPJS kita di Indomaret. Tapi, dari pengamatan saya, cara pembayaran yang satu ini kelihatannya kurang efisien. Kenapa? Saya setiap hari pasti ke Indomaret. Entah itu ke ATM yang ada di sana, atau sekedar untuk membeli sesuatu yang saya butuhkan. Tapi, bukan hanya satu tempat saja. Karena saya sering bepergian, ya yang saya kunjungi yang pas saya lewati saja. Setiap awal bulan, mendekati tanggal 10 yang merupakan batas pembayaran BPJS, saya sering antri di kasir Indomaret, kemudian ada orang yang datang untuk membayar iuran BPJS nya. Tapi, kemudian ditolak oleh kasir, dengan alasan sistem error, atau sedang offline. Dan ini sering saya temui, bukan hanya satu atau dua kali saja. Saking seringnya, saya sempat “gatal” ingin menawarkan “sini pak/bu, bayar lewat saya saja” tapi wah saya kuatir nanti dikira tukang tipu 😛 .

Saya memang tidak tahu apakah benar sistem pembayaran BPJS kesehatan via Indomaret saat itu memang sedang error atau sedang offline. Kalau kata kasirnya sih “itu dari sananya pak.” Padahal, beberapa bulan terakhir ini, sejak Tokopedia mulai menerima pembayaran BPJS, tidak pernah sekalipun pembayaran saya gagal. Artinya? Ya tidak ada error error an. Selalu lancar jaya. Nah, kenapa kalau lewat Indomaret kok sering error? Dan ini bukan di satu tempat saja lho. Biasanya, mereka yang akan membayar iuran BPJS dan ditolak dengan alasan error akan berkata “wah, tadi aku udah ke yang di sana (Indomaret cabang lain) kok juga error ya.

Saya jadi ingat dengan pengalaman saya waktu pembayaran iuran BPJS hanya bisa lewat ATM dulu. Yang saya pakai ATM Mandiri. Setiap mau bayar, waduh susahnya. Transaksi pasti gagal berkali-kali dan harus saya ulang berkali-kali sampai berhasil. Coba bayangkan saja. Setiap proses saya harus memasukkan nomor BPJS yang panjang itu. Dan walaupun gagal kan tetap keluar struk nya. Saya sampai punya struk “transaksi gagal” karena saya ulang berkali-kali, dan ada banyak yang harus saya bayar (punya saya sendiri, dan karyawan, dan dulu pembayaran per nomor BPJS, belum bisa otomatis masukkan nomor salah satu anggota keluarga sudah terbayar semua seperti sekarang).

Cara Pembayaran BPJS Paling Mudah

Paling mudah ya bayar iuran BPJS lewat Tokopedia saja. Ini saya bukan ngiklan lho ya, tapi memang ini yang selama ini saya rasakan paling mudah dan praktis. Dan tidak ada (atau mungkin belum ada) error error nya. Selalu lancar jaya. Kita juga mendapatkan konfirmasi pembayaran berhasil yang masuk ke email. Kalau kita mau membayar langsung beberapa bulan, itu juga bisa. Saya rasa mungkin saya perlu membuat tutorial bagaimana cara membayar iuran BPJS melalui Tokopedia. Mungkin awal bulan depan sambil saya membayar iuran BPJS saya 🙂 .

Artikel terkait:

Privacy Policy