Cara Screenshot Di PC

Ada beberapa cara screenshot di PC. Yang paling mudah adalah dengan menekan tombol PrtScrn/SysRq yang ada di keyboard anda, kemudian membuka program Paint, yang merupakan program standar bawaan Windows, kemudian menekan tombol Ctrl + V . Setelah itu, anda bisa mengedit hasil tangkapan layar itu dan menyimpannya dalam bentuk file berformat PNG, JPEG, BMP, atau yang lainnya. Tapi, cara ini hanya bisa digunakan untuk meng-capture layar yang tampak saja. Artinya, kalau anda ingin meng-capture layar secara keseluruhan, termasuk area yang memanjang ke bawah dan hanya terlihat kalau di-scroll ke bawah, anda tidak bisa memakai cara ini.

cara screenshot di PC 2

Untuk meng-capture layar secara keseluruhan termasuk area yang memanjang ke bawah, misalnya untuk screenshot full web page, anda harus menggunakan software, atau add on seperti FireShot.

Membuat Screenshot Full Web Page Menggunakan FireShot

Karena yang kita bahas di sini adalah add on untuk web browser seperti Firefox dan yang lainnya, cara screenshot komputer yang ini tentu saja hanya bisa digunakan untuk meng-capture web page. Tidak bisa digunakan untuk meng-capture hal-hal lain, misalnya tampilan layar saat kita sedang bermain game, menonton film offline, atau yang lainnya.

Jika anda menggunakan web browser Firefox, anda bisa langsung menambahkan FireShot dengan mengunjungi https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/fireshot/ . Klik tombol Tambahkan ke Firefox dan ikuti instruksi instalasi sampai selesai.

Setelah add on ini berhasil anda pasang, di Firefox anda akan muncul tombol kecil seperti di bawah ini:

cara screenshot di PC 1

Untuk menggunakannya, anda cukup meng-klik tombol tersebut. Untuk mengambil screenshot dengan menggunakan fitur tambahan, anda bisa meng-klik tombol panah ke bawah berukuran kecil yang ada di sebelahnya. Fitur tambahan yang saya maksud di sini misalnya menyimpan hasil screenshot dalam format file PDF, langsung mengirimkan hasil screenshot via email, dan yang lainnya. Karena add on ini gratis, walaupun fiturnya cukup banyak, tentu saja masih kalah dengan aplikasi screenshot yang berbayar. Tapi, menurut saya, kalau untuk penggunaan “biasa” atau harian, add on ini sudah cukup bagus.

Demikian tutorial singkat yang menjelaskan cara screenshot PC versi saya 🙂 . Tentu saja masih ada banyak cara lain, tapi menurut saya dua cara yang saya jelaskan di atas adalah yang paling mudah dan praktis.

Privacy Policy