Cara Tarik Tunai Kartu Kredit

Selain berbelanja, para pemilik kartu kredit juga bisa menggunakan fasilitas tarik tunai kartu kredit untuk mendapatkan pinjaman uang tunai yang bisa mereka pergunakan untuk berbagai keperluan. Cara tarik tunai sangat mudah, karena hampir sama dengan menarik uang menggunakan kartu ATM. Kita tinggal masukkan kartu kredit ke ATM, masukkan PIN, pilih menu untuk menarik uang dari kartu kredit (biasanya di menunya tulisannya Kredit), masukkan nominal yang ingin kita ambil, dan selesai. Jumlah uang tunai yang bisa kita tarik dari kartu kredit sesuai dengan limit tarik tunai yang sudah ditentukan oleh bank penerbitnya. Menurut pengalaman saya, persentase dari limit total kartu berbeda-beda. Ada kartu yang limit tarik tunainya hanya sekitar 20% dari total limit, dan ada juga yang lebih.

cara tarik tunai kartu kredit 1

Menurut saya, fasilitas untuk tarik tunai ini sebaiknya hanya digunakan untuk keadaan darurat saja. Kenapa? Karena biayanya sangat mahal. Contohnya, biaya tarik tunai kartu kredit CIMB Niaga yang saya miliki, itu sebesar Rp. 75.000 untuk setiap penarikan. Ini biaya minimum lho. Biaya tarik tunai yang sebenarnya sebesar 5% dari jumlah uang yang ditarik. Jadi misalnya saya menarik uang sebesar Rp. 2 juta, biaya tarik tunainya Rp. 100.000.

Jadi, sebisa mungkin sebaiknya tarik tunai dari kartu kredit dihindari saja, karena biayanya tidak masuk akal. Selain itu, bunga untuk dana yang ditarik tunai sama mahalnya dengan bunga untuk dana yang dipakai untuk belanja (rata-rata 2.95% per bulan). Daripada tarik tunai, lebih baik langsung saja pakai kartu kredit anda di tempat anda mau berbelanja. Sekarang mini market dan toko-toko biasa sebagian besar sudah bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit. Walaupun memang, kalau mau bayar pakai kartu kredit biasanya ada minimalnya. Contohnya di Indomaret, kalau mau bayar pakai kartu kredit minimal pembelanjaan seingat saya Rp. 100.000.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul:

  • Saya mau tarik tunai kartu kredit BCA. Apakah harus di ATM BCA?

Tidak. Di ATM bank apa saja bisa kok. Pastikan ATM yang akan anda gunakan mempunyai logo kartu kredit anda (Visa, Mastercard, atau yang lainnya).

  • Apakah tarik tunai sama dengan gesek tunai?

Beda. Istilah tarik tunai biasa dipergunakan untuk pengambilan tunai di mesin ATM, sesuai dengan limit tarik tunai yang sudah ditentukan oleh bank penerbit kartu kredit. Sedangkan istilah gesek tunai biasa dipergunakan untuk pengambilan tunai di merchant (toko, kios, dsb). Gesek tunai statusnya dana digunakan untuk belanja, bukan untuk tarik tunai. Jadi, tidak terikat oleh limit penarikan tunai.

Artikel terkait:

Privacy Policy