Cara Transfer Domain Dari Satu Registrar Ke Registrar Lainnya

cara transfer domain 1

Cara transfer domain sebenarnya sangat mudah. Tapi, bagi mereka yang belum pernah melakukannya, mungkin akan kelihatan sangat membingungkan. Apalagi bagi mereka yang menggunakan domain registrar lokal, yang kebanyakan lebih merepotkan/tidak sepraktis registrar-registrar luar, dan proses transfer biasanya memakan waktu lebih lama. Sebagai catatan saja, ini adalah alasan kenapa saya tidak pernah memakai registrar lokal (kecuali untuk domain .id dan .co.id).

Cara transfer domain berbeda-beda antara satu registrar dengan yang lainnya, karena mereka kan mempunyai domain control panel yang berbeda-beda juga. Tapi, secara umum, langkah-langkah yang harus diikuti relatif sama. Berikut adalah langkah-langkah transfer domain antar registrar:

  1. Unlock domain anda di registrar yang sekarang.
  2. Dapatkan Transfer Auth Code (juga sering disebut EPP codes atau transfer keys) dari registrar yang sekarang. Ada yang otomatis ditampilkan di control panel domain. Ada yang di-email kan ke email yang tercantum di whois domain yang bersangkutan.
  3. Kunjungi registrar yang baru, dan order domain transfer di sana.  Dalam membuat order untuk domain transfer, anda akan diminta untuk memasukkan Auth Code yang tadi sudah anda dapatkan dari registrar yang lama.
  4. Biasanya setelah order untuk mentransfer domain diproses oleh registrar yang baru, anda akan mendapatkan email untuk melakukan otorisasi transfer tersebut. Klik pada link yang ada di dalam email tersebut.
  5. Biasanya anda juga akan menerima email dari registrar yang lama, yang mengkonfirmasikan proses transfer tersebut.

Email yang tertera di dalam whois domain anda sangat penting dalam proses transfer domain seperti ini, karena email-email konfirmasi dan otorisasi akan dikirimkan ke sana. Jadi, pastikan data whois anda valid dan anda mempunyai akses ke email yang tertera di situ.

Setelah melewati beberapa step di atas, anda tinggal menunggu saja sampai domain anda berpindah ke registrar yang baru. Prosesnya ada yang cepat, dalam hitungan jam sudah selesai. Tapi ada juga yang lama, sampai beberapa hari. Kalau pengalaman saya, transfer antar registrar luar, misalnya dari Dynadot ke Name.com, sangat cepat. Paling cepat yang pernah saya alami kurang dari 1 jam saja sudah selesai. Karena cepat dan mudah, saya terkadang memindah domain dari satu registrar ke registrar lain, hanya karena registrar yang baru sedang ada promo transfer domain murah 😀

Artikel terkait:

Privacy Policy