Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar Atau Belum Tanpa Menggunakan Aplikasi

Sebagian besar website yang menyediakan informasi tentang cara cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum akan menyarankan anda untuk meng-install salah satu aplikasi cek tagihan listrik yang ada di Playstore. Padahal, sebenarnya ada cara yang lebih mudah, dan anda tidak perlu meng-install apapun. Anda cukup menggunakan komputer, smartphone, atau apapun yang ada web browsernya dan tentunya tersambung dengan jaringan internet.

Pakai Tokopedia 😀

Iya, anda bisa menggunakan Tokopedia untuk cek apakah tagihan listrik anda sudah dibayar atau belum. Dan caranya pun sederhana:

  • Jika belum punya akun Tokopedia, buat akun Tokopedia dulu 😛 .
  • Login ke akun Tokopedia anda.
  • Masuk ke menu pembelian pulsa Tokopedia, atau langsung saja ke https://www.tokopedia.com/pulsa/.
  • Pilih Listrik PLN -> Pilih Produk : Tagihan Listrik -> Masukkan No. Meter/ID Pel -> Klik tombol Beli.
  • Kalau tagihan anda belum dibayar, jumlah yang harus dibayar akan ditampilkan di layar. Tapi kalau tagihan anda sudah dibayar, yang akan muncul di layar hanyalah tulisan Anda Tidak Memiliki Tagihan.

Ada jam-jam tertentu dimana pembayaran tagihan listrik tidak dapat dilakukan. Berikut ini adalah keterangan yang ditampilkan di Tokopedia:

cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum

Nah, sangat mudah kan cara cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum yang satu ini 🙂 . Dan anda tidak perlu meng-install apapun, cukup menggunakan web browser saja.

Pakai Internet Banking

Kalau anda punya internet banking, anda juga bisa menggunakannya untuk cek apakah tagihan listrik anda sudah dibayar atau belum. Saya tidak hafal bank mana saja yang internet bankingnya melayani pembayaran PLN. Yang sudah jelas pernah saya pakai punya BCA dan CIMB NIAGA. Cara cek nya pada dasarnya sama dengan menggunakan Tokopedia. Jadi masukkan nomor ID Pelanggan anda seperti akan membayar tagihan, lalu lanjutkan prosesnya, seperti akan membayar tagihan. Jika jumlah yang harus dibayar muncul, berarti memang belum dibayar. Jika yang muncul pesan lainnya, contohnya kalau di klikBCA yang muncul (TRANSAKSI ANDA GAGAL. TAGIHAN LISTRIK ANDA SUDAH LUNAS ATAU TAGIHAN LISTRIK ANDA BELUM TERSEDIA SAAT INI), itu berarti tagihan anda sudah dibayar 🙂 .

cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum 2

Demikian tutorial pendek yang menjelaskan cara cek tagihan PLN sudah dibayar atau belum. Sebenarnya masih ada cara-cara lainnya, tapi saya rasa yang saya jelaskan di atas adalah yang paling mudah dan praktis.

Artikel terkait:

Privacy Policy