Dampak Positif Internet

Hampir semua orang mengakses internet setiap hari. Dalam artikel berikut ini saya akan membahas berbagai dampak positif internet bagi kehidupan kita, baik dalam hal perekonomian, dan yang lainnya.

Dampak Positif Internet

  • Mendapatkan informasi menjadi sangat mudah

Dulu, sebelum internet menjadi hal yang “biasa” dan digunakan oleh hampir semua orang, mencari informasi bukanlah hal yang mudah. Kita ambil hal yang sederhana saja sebagai contoh. Dulu saat saya ingin mendaftarkan diri ke salah satu universitas di Yogyakarta, saya harus langsung ke sana, untuk mengambil brosur. Setelah mendapatkan brosur, baru lah saya bisa mengetahui jurusan apa saja yang ada di sana, berapa biaya pendaftarannya, berapa biaya per semester, kapan tanggal pendaftarannya, dan sebagainya. Tapi sekarang, kita dapat dengan mudah mencari informasi semacam itu dengan sangat mudah. Kita tinggal kunjungi saja website universitas yang bersangkutan.

  • Biaya telekomunikasi menjadi jauh lebih murah

Walaupun sempat ada orang yang meng-hack website salah satu provider dan mengeluhkan tarif internet yang mahal :p sebenarnya kondisi sekarang ini jauh lebih baik dari jaman dulu, karena biaya telekomunikasi sekarang jauh lebih murah. Saya ingat betul, sekitar tahun 2002, ada seorang teman yang tagihan teleponnya “jebol” karena dia sering menelepon pacarnya yang tinggal di kota lain. Kalau tidak salah tagihannya waktu itu sekitar Rp. 600.000. Kalau sekarang? Untuk komunikasi dengan orang lain, jarak sama sekali tidak menjadi masalah. Orang yang kita ajak berkomunikasi tinggal di Amerika sekalipun, kalau kita hubungi dengan menggunakan Whatsapp, tetap murah meriah. Kita hanya perlu membeli paket internet saja, atau ke tempat yang ada Wi-Fi gratisannya 😀 .

Bahkan menurut saya, beberapa tahun ke depan, sepertinya para penyedia layanan telepon seluler harus banting setir menjadi penyedia layanan internet. Kenapa? Coba saja kita lihat kondisi sekarang ini. Banyak orang yang bahkan tidak pernah mengirimkan SMS atau menggunakan pulsa untuk menelepon. Semua mereka lakukan dengan aplikasi. SMS atau telepon hanya dilakukan jika internet kebetulan lambat atau gangguan saja.

  • Penghematan waktu dan kertas

Lho kok waktu dan kertas? Iya. Dulu, yang namanya mengirimkan surat ya benar-benar tertulis di kertas, dan dikirimkan melalui kantor pos. Kalau sekarang, kita bisa memakai email saja. Dulu sekitar tahun 2008 ketika saya mulai mempunyai kartu kredit, setiap bulan saya mendapatkan kiriman surat tagihan dari bank, yang biasanya disisipi semacam katalog iklan, yang sangat tebal dan full color! Itu adalah pemborosan, karena biasanya yang saya baca ya lembar tagihannya. Katalognya langsung masuk ke tempat sampah 😀 . Tapi sekarang, tagihan kartu kredit dan berbagai penawaran dari bank dikirimkan via email. Bisa langsung sampai karena tidak perlu menunggu beberapa hari seperti mengirimkan surat biasa, dan tentunya tanpa kertas.

  • Terbukanya berbagai peluang bisnis

Ini hal yang saya yakin anda semua pasti sudah tahu. Banyak orang yang sekarang berjualan barang dan jasa secara online, baik dengan membuat website, situs media sosial, ataupun melalui marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia.

  • Efisiensi waktu

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mudah secara online. Padahal, kalau hal tersebut kita lakukan dengan cara yang konvensional, hal tersebut bisa menyita banyak waktu. Contohnya? Mendaftar BPJS 😀 . Kalau kita daftar secara online, hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Tapi kalau kita mendaftar BPJS dengan cara datang ke kantornya, wah antrinya panjang dan bisa membutuhkan waktu berjam-jam.

Satu contoh lagi adalah dalam hal pembayaran tagihan. Saya mengalami sendiri, dulu setiap bulan harus ke kantor Telkom dan antri paling tidak setengah jam hanya untuk membayar tagihan telepon. Sekarang? Tagihan dapat saya bayar dari rumah, dan hanya memakan waktu sekitar satu menit.

  • Mempererat tali silaturahmi

Belakangan ini yang banyak dibahas adalah dampak buruk dari berbagai situs media sosial. Padahal, pada dasarnya situs-situs sosial media sangat bermanfaat untuk mempererat tali silaturahmi. Jika kemudian banyak orang yang menyalahgunakan situs-situs media sosial, itu kan yang salah orangnya, bukan medianya 😀 .

  • Memberikan akses untuk belajar apapun

Apapun yang ingin kita pelajari, sumber informasinya pasti tersedia di internet. Kalau kita ingin belajar memasak, ada banyak website yang menyediakan resep dan berbagai tips untuk memasak. Kalau kita ingin belajar bahasa asing, banyak website yang menyediakan materinya secara gratis. Tapi tentunya, saat mencari informasi, kita tidak boleh lupa untuk mempertimbangkan apakah website yang kita baca isinya itu benar-benar kredibel atau tidak. Kita harus waspada terhadap website-website yang isinya ngawur. Salah satu sumber informasi paling “aman” adalah Wikipedia. Walaupun sebenarnya, terkadang ada juga informasi di Wikipedia yang kurang akurat.

Masih banyak dampak positif internet lainnya yang belum saya tulis di sini. Artikel ini akan selalu saya update secara rutin 🙂 .

Privacy Policy