Fungsi Layanan Google Play

Pada dasarnya fungsi layanan Google Play adalah untuk menyediakan berbagai aplikasi yang dapat digunakan oleh smartphone, tablet, dan device lainnya yang menggunakan sistem operasi Android. Tapi sebenarnya tidak hanya aplikasi yang tersedia di Google Play. Dalam Google Play kita juga bisa mendapatkan berbagai film, musik, majalah, dan yang lainnya.

fungsi layanan Google Play

Layanan Google Play diluncurkan pada awal tahun 2012. Dan pada tahun 2017, sudah ada lebih dari 2,7 juta aplikasi yang tersedia di sana. Semua aplikasi yang tersedia di Google Play relatif aman. Saya bilang relatif, karena sebelumnya pernah terjadi insiden saat ada beberapa aplikasi yang mengandung malicious software yang lolos dari screening dan di-publish di Google Play. Akibatnya, banyak pengguna yang devicenya terkena efeknya, dengan tingkat permasalahan yang berbeda-beda.

Di Google Play ada aplikasi yang bisa di-download dan digunakan secara gratis, dan ada yang berbayar. Untuk aplikasi yang berbayar, biasanya “bersih” karena tanpa iklan. Sedangkan yang gratis, biasanya “dihiasi” dengan iklan, karena dari iklan-iklan itu lah para developer aplikasi mendapatkan pemasukan. Khusus untuk aplikasi game, para developer juga bisa mendapatkan pemasukan dari in-app purchase, contohnya dari penjualan semacam mata uang virtual yang kemudian bisa digunakan dalam game yang mereka buat. Bagi mereka yang asing dengan game Android, mungkin hal ini terdengar tidak masuk akal. Tapi sebenarnya, saat ini banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk bermain game Android. Dan sebaliknya. Ada banyak juga orang yang bisa mendapatkan banyak uang, hanya dari bermain game Android 😀 .

Sekian penjelasan singkat mengenai fungsi layanan Google Play. Semoga bermanfaat.

Privacy Policy