Jadi Blogger Harus Ahli Menulis? Siapa Bilang?

Banyak orang yang berasumsi bahwa untuk menjadi seorang blogger, kita harus ahli dalam menulis. Memang, beberapa tahun yang lalu, hal itu benar. Biasanya seorang blogger ya ahli, atau setidaknya hobi menulis. Tapi sekarang, kondisinya jauh berbeda. Banyak orang yang mempunyai banyak blog, dan bahkan mereka tidak menulis sendiri satu pun artikel yang ada di blog mereka. Lalu dari mana asal artikel di blog mereka itu? Biasanya mereka mempunyai pegawai atau staff yang tugasnya update blog. Atau, kalau yang tidak punya modal yang cukup besar, mereka memakai jasa content writer. Para content writer ini sebenarnya ya penyedia jasa penulisan artikel. Cuma karena fokus utama mereka menuliskan content untuk website, jadi lebih nge-trend disebut content writer.

Jadi bagi para pemilik blog yang isinya “beli” dari jasa penulis artikel semacam ini, blogging sudah bukan lagi sebuah hobi, melainkan murni bisnis. Mereka memperhitungkan segi modal, termasuk biaya untuk membeli artikel dari para penulis, SEO, dan sebagainya, dan tentunya menghitung potensi pemasukan, entah itu dari iklan Google Adsense atau yang lainnya. Lalu di mana mereka menemukan penulis untuk mengisi blog mereka. Jasa semacam ini ada banyak sekali. Salah satu contohnya adalah http://writer.id/ yang menyediakan jasa penulisan artikel untuk website. Kalau mencari yang harganya murah, atau sangat murah, bisa ambil dari salah satu penyedia jasa content yang ada di forum ads.id. Dari segi tarif, para penulis ini sangat beragam. Ada yang murah, ada yang mahal, dan ada yang sangat murah, sampai tidak masuk akal bagaimana mungkin mereka mau mencurahkan pikiran untuk harga semurah itu 😀 . Saya sendiri pernah menjual jasa semacam ini. Jadi saya tahu betul, walaupun uang bukanlah segalanya, kalau menulis dengan bayaran yang sedikit, pasti semangat dan moodnya kurang bagus, dan otomatis hasilnya pun kurang bagus.

Sebagian besar jasa penulisan artikel memang menyediakan artikel berbahasa Indonesia. Tapi, tidak sedikit juga yang menyediakan artikel bahasa Inggris. Hanya saja, memang artikel yang berbahasa Inggris harganya lebih mahal, karena tentunya tingkat kesulitannya juga lebih tinggi. Mengenai pembayaran, sebagian besar minta pembayaran di muka. Hal ini bisa dimaklumi, karena tentunya para penulis tersebut khawatir kalau pembeilnya sudah dibuatkan artikel malah “menghilang.” Tapi pembayaran di muka semacam ini bukannya tanpa masalah. Di forum ads.id, ada beberapa kali kejadian di mana penulis artikelnya sudah mendapatkan payment tapi malah menghilang, atau menunda pekerjaan mereka dengan beribu alasan. Hal konyol dan menyebalkan seperti ini sangat sering saya jumpai di internet. Mencari uang online itu sangat susah. Tapi malah ada beberapa oknum yang sebenarnya dagangan mereka itu laku, eh tapi malah menipu.

Kalau anda tertarik untuk membuat blog atau website, tapi anda tidak punya banyak waktu atau merasa kurang percaya diri untuk menulis, mungkin anda bisa mencoba jasa salah satu penyedia layanan penulisan artikel yang banyak ditawarkan di ads.id. Anda bisa juga mencoba salah satu penyedia jasa semacam ini yang bisa anda temukan di Google. Yang jelas, sebelum anda mencoba, sebaiknya anda gali informasi dulu, untuk memastikan bahwa jasa yang akan anda gunakan itu benar-benar kredibel. Selain itu, tidak ada salahnya jika anda minta untuk melihat beberapa hasil pekerjaan mereka. Selamat mencoba.

Privacy Policy