Ketatnya Persaingan Niche Wisata di Google

Dulu, sekitar tahun 2012, persaingan niche wisata di Google.co.id belum terlalu berat. Bahkan, saya sempat membuat website untuk salah satu rental mobil di kota saya, dan bisa tampil di halaman 1 untuk kata kunci utama yang menjadi target, walaupun metode SEO yang diterapkan sangat-sangat sederhana. Waktu itu, saya hanya memberikan backlink dari beberapa website lain, yang juga punya saya sendiri. Tapi sekarang, wah, sudah sangat berbeda. Persaingan menjadi sangat berat. Dan mungkin memang dibuat berat oleh Google, karena kata kunci yang menjadi target itu adalah kata kunci yang menghasilkan uang buat Google. Dan (potensi penghasilan Google) ini sudah saya lihat sendiri. Client saya, yang dulunya tidak perlu keluar uang untuk beriklan karena memang sudah di halaman 1, sekarang terpaksa mengeluarkan uang sebesar sekitar 3 juta rupiah per bulan, untuk beriklan di Adwords. Itu baru dari 1 pengiklan saja. Dan hanya dari satu kota saya saja. Bisa dibayangkan berapa uang yang masuk ke Google dari seluruh niche wisata. Jadi mungkin, persaingan dibuat berat, supaya banyak yang menyerah dan memilih memasang iklan di Adwords saja.

Kemungkinan lain, persaingan niche wisata menjadi sangat berat karena memang banyak pihak yang membuat website dengan niche tersebut. Dan pihak-pihak tersebut bukan sembarangan, tapi perusahaan-perusahaan travel atau yang lainnya yang bergerak dalam bidang pariwisata, dan mereka mempunyai budget yang besar. Jadi, pembuat website skala teri seperti saya, otomatis terombang ambing dalam ombak yang besar, dan akhirnya tersingkir. Bayangkan saja, terakhir kali saya mencoba mengoptimasi website wisata, semua metode SEO (yang sudah saya praktekkan ke website niche lain berhasil), gagal total, dan beberapa juta rupiah melayang karena semua itu memang tidak gratis.

SERP Dikuasai Website Yang Aged

Untuk saat ini, niche wisata dengan keyword yang menjadi target client saya itu didominasi oleh website-website yang memang sudah cukup berumur (rata-rata dibuat tahun 2012 atau sebelumnya). Mungkin umur sekarang menjadi salah satu faktor penentu posisi di SERP yang cukup penting. Hanya ada 1 yang domainnya “masih muda” yang ada di halaman 1. Jadi saya rasa, website-website bertopik wisata yang masih baru seperti rental.mobiljogja.id atau yang lainnya, peluangnya sangat kecil untuk bisa menembus ke halaman 1. Apalagi mengingat setiap bulan, setidaknya ada beberapa website dengan topik wisata seperti rental mobil dan paket tour baru yang bermunculan.

Privacy Policy