Kirim Barang Ke Luar Negeri Pakai POS – Sekarang Harus Isi Lembar Customs Declaration

Setiap bulan pasti saya beberapa kali ke kantor pos untuk mengirimkan barang dagangan Ebay saya yang laku. Kalau cuma pakai paket pos biasa (registered), biasanya ya asal amplopnya saja diberikan ke petugasnya, dan saya menunggu diproses, lalu bayar, selesai. Tapi bulan ini, ada satu langkah tambahan, karena saya diminta untuk mengisi lembar Customs Declaration / Keterangan Pabean. Lembar ini semacam sticker besar, yang nantinya ditempelkan ke amplop yang saya kirimkan.

lembar customs declaration pos 1
Halaman yang harus diisi
lembar customs declaration pos 2
Instructions/petunjuk yang ada di baliknya

Menurut petugas pos yang saya tanyai, ini bukan peraturan baru. Anehnya, bulan-bulan sebelumnya, saya sering mengirim barang, tapi sama sekali tidak pernah diminta untuk mengisi lembar seperti ini. Padahal jenis barang yang saya kirim juga sama. Dan negara tujuan juga sama, karena memang pembeli kebanyakan dari negara-negara yang itu-itu saja. Atau mungkin dulu petugas pos yang mengisikan lembar ini, dan sekarang pengirim yang diminta untuk mengisi sendiri? Entahlah 🙄 .

Memang mengisinya gampang. Saya hanya perlu menulis alamat saya, alamat penerima, dan sedikit keterangan tentang barang yang saya kirim, seperti nama barangnya apa, jumlahnya berapa, dan harganya berapa. Tapi, hal seperti ini cukup menyita waktu, dan setelah mendapatkan lembar tersebut, saya harus antri lagi dari belakang. Dan setelah bertahun-tahun tidak pernah “sekolah” lagi, dan terbiasa mengetik bukan menulis tangan, tangan saya jadi kaku sekali untuk menulis, dan hasil tulisan saya di lembar itu jelek sekali 😀 . Biarlah. Mereka memberi saya pekerjaan tambahan, jadi saya rasa tidak ada salahnya kalau mereka juga saya beri pekerjaan tambahan, yaitu harus memelototi tulisan tangan saya yang jelek dan susah dibaca 😛 .

Untung saja petugas pos memberikan solusi yang cukup membantu. Saya diberi beberapa lembar Customs Declaration seperti ini untuk dibawa pulang, supaya besok kalau saya mau mengirimkan barang lagi, bisa saya isi dulu di rumah 🙂 .

Artikel terkait:

Privacy Policy