Kirim Benda Cair Ke Luar Negeri : Harus Ada MSDS

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan calon pembeli dari luar negeri. Dia ingin membeli perisa roti yang berbentuk pasta, dan dia ingin supaya barang tersebut dikirim via DHL. Setelah saya hubungi pihak DHL, mereka menjelaskan bahwa pasta itu termasuk benda cair, dan kalau dikirimkan harus disertai dengan MSDS. Saya sama sekali belum pernah mengirimkan benda cair ke luar negeri. Jadi, saya bahkan tidak tahu apa itu MSDS. Setelah saya pelajari, berikut adalah sedikit “rangkuman” tentang apa itu MSDS.

MSDS untuk mengirimkan benda cair

MSDS adalah singkatan dari Material Safety Data Sheet. Dalam lembar MSDS tercantum cara pengendalian bahan kimia berbahaya yang dikirimkan tersebut. Uraian yang dicantumkan dalam lembar MSDS ini sangat lengkap, yang meliputi sifat fisik dan kimiawi, cara penggunaan, pengelolaan bahan buangan, perlindungan apa saja yang diperlukan saat meng-handle bahan tersebut, apa yang harus dilakukan jika terjadi kecelakaan, dan sebagainya.

Lalu dari mana MSDS bisa diperoleh? Perusahaan-perusahaan besar biasanya sudah punya MSDS untuk produk-produk mereka. Bahkan ada beberapa yang langsung menyediakan MSDS produk mereka secara online, dan bisa di-download oleh siapapun yang membutuhkannya. Tapi, untuk perusahaan-perusahaan kecil, biasanya mereka belum menyediakan MSDS untuk produk-produk mereka. Kalau kita butuh MSDS, kita harus mencari sendiri. Dari beberapa sumber yang saya temukan, untuk mendapatkan MSDS kita bisa ke laboratorium dan memasukkan sample barang tersebut ke sana.

Nah kembali tentang barang yang akan saya kirimkan, yaitu perisa roti. Ini kan bukan termasuk barang berbahaya ya? Kenapa tetap harus pakai MSDS? Jadi ternyata kategori berbahaya itu bukan hanya untuk barang-barang kimia yang beracun atau mudah terbakar saja. Hasil dari baca-baca di berbagai website (sebagian besar website luar), barang yang tidak berbahaya tetap saja bisa menjadi berbahaya. Contoh, perisa roti yang berbentuk pasta atau cair, kalau sampai tumpah kan bisa jadi licin dan berbahaya.

Karena kelihatannya sangat rumit dan saya benar-benar buta soal ini, saya lalu berusaha untuk mencari jasa pembuatan MSDS. Belum ketemu, eh ternyata buyer sudah membatalkan pesanannya. Ya sudahlah, paling tidak saya jadi tambah pengetahuan tentang perlunya MSDS untuk mengirimkan benda cair 😀 . Jadi besok kalau ada lagi yang order minta dikirimi barang yang bentuk fisiknya cair, bisa langsung saya jawab bahwa itu akan sulit, dan tentunya fee yang saya minta akan lebih tinggi 🙂 .

Artikel terkait:

Privacy Policy