Macam Macam Email Gratis

macam macam email gratis

Artikel pendek berikut ini membahas tentang macam macam email gratis seperti Gmail, Yahoo, Outlook, dan yang lainnya. Yang dibahas dalam artikel ini meliputi apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing email gratis tersebut.

GMAIL

Saat ini sepertinya email yang disediakan oleh Gmail (Google) telah menjadi layanan email gratis yang paling populer. Ini sangat dapat dimaklumi karena sekarang hampir semua orang menggunakan smartphone, dan mayoritas dari smartphone yang beredar di pasaran menggunakan sistem operasi Android, yang juga merupakan salah satu produk Google. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari layanan email gratis dari Gmail:

  • Mudah untuk digunakan.
  • Tersedia antarmuka dalam bahasa Indonesia.
  • Akun Gmail sekaligus merupakan akun Google yang menawarkan banyak fitur seperti Google Drive dan yang lainnya, dan memudahkan akses ke berbagai layanan Google seperti Youtube dan yang lainnya.
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup baik.
  • Dapat dengan mudah terintegrasi dengan smartphone Android.
  • Gratis tapi tersedia versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap dengan berlangganan layanan G Suite.

YAHOO

Dulu layanan email gratis dari Yahoo merupakan layanan email gratis yang paling populer. Tapi itu dulu. Sekarang predikat layanan email gratis paling populer sudah diambil alih oleh Gmail.

Tapi walaupun sudah tidak sepopuler dulu, masih banyak orang yang menggunakan layanan email gratis dari Yahoo. Sayangnya, kalau kita berbicara mengenai kelebihan dari email Yahoo, sebenarnya tidak ada. Semua fitur yang ada di email Yahoo sangat standar, alias juga dimiliki oleh layanan email gratis lainnya. Dan berbicara soal keamanan, belum lama ini Yahoo mengakui bahwa beberapa tahun yang lalu telah terjadi kebocoran atau pencurian data yang mempengaruhi setidaknya 500 juta akun Yahoo. Jika anda mempunyai alamat email Yahoo, mungkin anda mengalami sendiri, saat login ke akun email diharuskan untuk mengganti password untuk alasan keamanan. Langkah ini diwajibkan sebagai salah satu cara untuk menanggulangi masalah kebocoran data yang telah terjadi.

Outlook

Layanan email gratis Outlook disediakan oleh Microsoft. Sama seperti layanan email Yahoo, tidak ada yang istimewa dari layanan email gratis dari Outlook ini. Tapi jika dibandingkan dengan Yahoo, email Outlook lebih enak untuk digunakan. Ini karena antarmuka email Yahoo yang baru cenderung berat dan sering bermasalah jika digunakan pada device dengan koneksi internet yang kurang bagus. Sedangkan email dari Outlook antarmukanya relatif sederhana, sehingga ringan. Selain sebagai alamat email, akun email Outlook juga berfungsi sebagai akun Microsoft.

Demikian artikel pendek yang membahas tentang macam macam email gratis ini. Sebenarnya masih ada beberapa penyedia layanan email gratis lainnya, tapi memang sengaja tidak saya bahas di sini karena kurang user friendly dan fiturnya rata-rata di bawah standar.

Artikel terkait:

Privacy Policy