Manfaat Kartu Kredit Bagi Pebisnis Online

Memang mempunyai kartu kredit bukan hal yang wajib bagi orang-orang yang ingin berbisnis secara online. (Yang saya maksud berbisnis secara online di sini adalah membuat website/menjadi publisher ya, bukan berbisnis dengan berjualan di situs lokal seperti di Tokopedia atau Bukalapak). Tapi, mempunyai kartu kredit membuat banyak hal menjadi jauh lebih mudah. Contohnya dalam membuat dan menggunakan akun Paypal. Jika kita mempunyai kartu kredit, kita dapat dengan mudah “menyambungkan” akun Paypal kita dengan kartu kredit yang kita miliki. Selain untuk tujuan verifikasi, hal ini juga mempermudah kita dalam melakukan transaksi. Jadi, jika akun Paypal kita sedang tidak ada balance nya, Paypal akan secara otomatis menarik dana dari kartu kredit kita itu. Lalu apa orang-orang yang tidak mempunyai kartu kredit tidak bisa mempunyai akun Paypal? Tentu saja bisa. Tapi, untuk melewati proses verifikasi data akan dibutuhkan tenaga dan pengeluaran ekstra, contohnya untuk membeli/membuat VCC (Virtual Credit Card). Jadi sekali lagi saya tekankan, akan lebih mudah jika kita mempunyai kartu kredit betulan.

Memang ada beberapa jenis VCC yang bisa kita gunakan untuk verifikasi Paypal, dan juga untuk melakukan transaksi di berbagai situs yang menjual baik jasa ataupun produk secara online. Tapi, menurut pengalaman pribadi sebelum mempunyai kartu kredit “betulan,” dalam menggunakan VCC sering sekali kita menghadapi masalah. Contohnya, ada situs-situs tertentu di mana kita tidak bisa menggunakan VCC. Ada juga beberapa situs yang mau memproses semua transaksi, tapi kemudian kita diminta untuk mengirim bukti identitas dan scan dari kartu kredit kita. Nah, kalau kita menggunakan VCC, dari mana kita bisa dapat scan kartunya? Kan yang kita punya hanya nomor kartu, tanggal berlaku, dan CVV nya saja 😀 . Secara fisik kartu itu tidak ada. Berbeda dengan kartu kredit betulan. Transaksi saya dengan menggunakan kartu kredit sama sekali tidak pernah mengalami masalah atau ditolak. Padahal saya bertransaksi di banyak situs (sebagian besar penyedia registrasi domain, hosting, dsb).

Jadi manfaat kartu kredit bagi para pebisnis online sebenarnya bukan hanya terbatas pada fakta bahwa kita bisa “ngutang” 😀 . Menurut saya, manfaat terbesar adalah kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit, khususnya dalam melakukan pembayaran secara online. Kita jadi bisa mengakses berbagai macam service dan products yang bertebaran di internet, tanpa kendala dalam pembayaran.

Daripada menggunakan VCC, saya sarankan teman-teman yang ingin berbisnis online tapi kesulitan dalam membuat kartu kredit membuat kartu kredit yang menggunakan jaminan saja. Setahu saya BCA dan beberapa bank lainnya menyediakan kartu kredit semacam ini. Jadi nanti ada sejumlah dana di tabungan kita yang “ditahan” sebagai jaminan dari kartu kredit kita. Dan limit kartu kredit kita tentu saja sejumlah dana yang ditahan itu. Kartu kredit semacam ini namanya secured credit card.

Artikel terkait:

Privacy Policy