Melorotnya Pendapatan Adsense di Web Indonesia 2017

google adsense indonesiaBeberapa bulan terakhir ini para publisher yang mengandalkan iklan Google Adsense di blog berbahasa Indonesia milik mereka mengeluhkan hal yang sama. Cost Per Click (CPC) sangat kecil, sekitar $0,01 saja, atau sekitar 135 rupiah jika dihitung dengan kurs dollar saat ini. Saya merasakan hal yang serupa. Rata-rata CPC di salah satu website saya yang berbahasa Indonesia hanya sekitar $0,018 atau sekitar 240 rupiah saja. Dalam sehari website tersebut mendapatkan sekitar 120 click, jadi totalnya sekitar $2,16 saja per hari, dan jika dikalikan 30 hari, hasilnya belum cukup untuk payout setiap bulannya karena tidak sampai $100, padahal website itu adalah satu-satunya website saya yang menghasilkan dollar dari adsense. Pertengahan tahun lalu pengunjung website tersebut tidak sebanyak sekarang, tapi justru mendapatkan sekitar $140 per bulan. Sekarang pengunjung bertambah banyak, tapi earning justru terjun bebas.

affiliate marketing indonesiaKarena earning adsense yang sangat sangat kecil itu, saya sempat mencoba untuk memasang iklan affiliate saja. Saya pikir, dengan earning adsense sekecil itu, tidak ada ruginya kalau saya mencoba banting setir dan memasang iklan yang menggunakan sistem CPA (Cost Per Action), alias publisher mendapatkan komisi bukan dari klik, tapi dari action tertentu yang dilakukan oleh pengunjung yang meng-klik tadi, entah itu mendaftar ke situs yang dipromosikan tersebut, atau melakukan pembelian kemudian komisi dihitung berdasarkan presentase tertentu dari penjualan. Tapi ternyata saya salah. Setelah memasang iklan affiliate selama 2 hari, dan mendapatkan sekitar 200 click, action nya NOL besar. Jadi ternyata, walaupun earning dari adsense sangat kecil, masih lebih mendingan, atau lebih tepatnya, lebih mendingan daripada tidak mendapatkan apapun. Dalam memasang iklan affiliate sistem CPA, jika tidak ada action yang terjadi, ya tidak mendapatkan sepeserpun, dan sama saja pihak yang dipromosikan mendapatkan iklan gratis dari publisher.

Bagi orang-orang yang sudah paham dengan dunia affiliate dengan sistem CPA, pasti saat mendengar pengalaman saya ini akan berkata “itu tidak ada action karena traffic nya tidak tertarget.” Saya tidak tahu persis soal itu. Yang jelas, website saya itu isinya materi yang sifatnya pendidikan untuk anak. Affiliate yang saya pasang itu tentang kursus bahasa asing online, yang juga untuk anak. Kurang tertarget bagaimana lagi? Pengunjungnya pun banyak, sekitar 6000 UV per hari. Mau tidak mau melihat kondisi yang menyedihkan dan aneh ini, saya jadi sedikit curiga kepada situs affiliate yang saya pakai. Apakah mungkin sebenarnya ada action tapi tidak muncul di akun saya? Apakah saya dicurangi? Entahlah.

Yang jelas melihat dari kondisi sekarang ini, tampaknya menjadi publisher yang awalnya bagi saya adalah cara untuk mendapatkan uang, akan menjadi sekedar hobi saja karena hasilnya tidak seberapa 😀 Lagipula menjadi publisher bukan satu-satunya jalan mengais rejeki online. Jualan di ebay dan bisnis domain masih tetap berjalan.

Artikel terkait:

Privacy Policy