Pajak Kendaraan 2017 TIDAK Naik, Yang Naik Itu Tarif Pengurusan Surat Kendaraan

Kenaikan tarif pengurusan surat kendaraan tahun 2017 ini membuktikan bahwa banyak blogger/web admin yang menulis artikel tanpa benar-benar memahami apa yang mereka tulis. Tahun 2017 ini, banyak blogger yang menulis bahwa “pajak kendaraan bermotor tahun 2017 naik.” Bahkan ada yang dikasih “bumbu ekstra” dan menambahkan “naik 100 persen” dan bahkan ada yang menulis “naik 3 kali lipat.” Padahal, memang benar naik drastis, tapi sebenarnya yang naik itu TARIF PENGURUSAN SURAT KENDARAAN, bukan pajak tahunan yang kita bayarkan! Efek informasi tidak akurat yang disebarkan oleh para blogger gagal paham ini luar biasa. Banyak pemilik kendaraan yang lalu mengalikan sendiri berapa pajak yang harus mereka bayar. “Wah, mobilku pajaknya per tahun 2 juta, berarti kalau naik 50% aja udah jadi 3 juta ini!” itu lah yang saya dengar sendiri dari salah seorang kerabat. Padahal, sekali lagi, PAJAK TIDAK NAIK, yang naik itu TARIF PENGURUSAN SURAT KENDARAAN!

Tarif-tarif yang naik juga spesifik, dan ada daftarnya seperti di bawah ini:

pajak-kendaraan-2017-tidak-naik-1

Catatan : Ada beberapa poin di bagian bawah yang saya potong, karena saya anggap kenaikan poin-poin tersebut tidak penting untuk “masyarakat biasa” seperti kita, seperti kenaikan tarif penerbitan nomor pilihan (plat nomor 1, 2, 3 digit) dan penerbitan STNK Lintas Batas Negara.

Nah, bisa dilihat sendiri pada daftar di atas, pajak kendaraan 2017 TIDAK naik. Yang naik itu biaya pengurusannya, seperti penerbitan STNK, penerbitan BPKB, dsb. Lalu kenapa banyak website yang menulis bahwa yang naik tahun 2017 ini PAJAK KENDARAAN? Ada 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama, para penulis itu gagal paham dan asal menulis saja topik-topik yang lagi hot. Kemungkinan kedua, mereka itu paham, tapi pura-pura tidak paham, dan sengaja menulis judul seperti itu supaya blog mereka mendapatkan pengunjung. Hanya media-media besar seperti Kompas saja yang tetap waras dan menulis dengan judul “Tarif Pengurusan Surat Kendaraan Naik sampai Tiga Kali Lipat.” Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2016/12/30/100229015/tarif.pengurusan.surat.kendaraan.naik.sampai.tiga.kali.lipat

Saran saya kepada para pemilik blog/web admin, saya paham kalau banyak di antara kalian yang kejar target. Dan banyaknya pengunjung adalah “napas” dari blog kalian. Tapi tolong pastikan kalau informasi yang kalian tulis itu akurat. Kalau tidak akurat, kasihan orang-orang yang baca dan keblasuk. Berikut ini satu foto yang saya ambil tadi pagi, yang memperlihatkan efek dari informasi tidak akurat yang tersebar itu:

Bank BPD Godean, 04 Januari 2017

Banyak orang yang langsung ke BPD untuk membayar pajak kendaraan mereka, berharap bisa menghemat uang, karena membayar sebelum aturan yang baru itu berlaku pada tanggal 6 Januari 2017. Padahal, bagi mereka yang hanya membayar pajak tahunan, bukan ganti STNK/5 tahunan, efeknya tidak ada. Kalaupun ada, kemungkinan hanya tambahan biaya pengesahan STNK sebesar Rp 25 – 50 ribu, yang memang sebelumnya biaya itu tidak ada, jadi saya tidak tahu pasti itu biaya apa. Dan saya rasa, uang segitu tidak sepadan dengan membolos kerja, membolos kuliah, meninggalkan warung/toko, atau meninggalkan kegiatan penting lainnya, hanya untuk antri di BPD.

Terkait : Pembayaran pajak kendaraan tahunan di DIY sekarang tanpa BPKB.

Privacy Policy