Pasang Indihome Tanpa Telepon Rumah

Saya melihat banyak orang yang bertanya-tanya, apakah bisa pasang Indihome tanpa telepon rumah? Jawabannya, BISA. Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut, mungkin ada baiknya jika kita bahas dulu pertanyaan di atas. Kenapa? Karena walaupun mempunyai pertanyaan yang sama, orang menanyakan pertanyaan di atas karena alasan yang berbeda-beda.

  1. Ada yang bertanya karena ingin memasang Indihome, tapi hanya untuk internet dan TV Kabel nya saja. Mereka tidak butuh teleponnya.
  2. Ada yang bertanya karena mereka ingin memasang Indihome, tapi rumah mereka belum ada telpon rumahnya.
  3. Ada juga yang bertanya karena mereka ingin memasang Indihome, tapi rumah mereka belum dilewati jaringan kabel Telkom, apalagi jaringan FO Indihome.

Untuk alasan nomor 1 dan nomor 2, jawabannya BISA, dan sudah saya praktekkan sendiri. Kebetulan rumah saya sudah ada nomor telepon nya. Selain itu, dengan jaringan telepon yang sudah ada, saya sudah berlangganan Speedy. Saat marketing Indihome datang ke rumah, dia menjelaskan bahwa kalau saya migrasi dari Speedy ke Indihome, justru waktu yang diperlukan jauh lebih lama. Sedangkan kalau saya pasang baru jaringan Indihome, bisa langsung dipasang keesokkan harinya. Saya sempat ragu, karena paket Indihome kan termasuk TV Kabel dan nomor telepon rumah juga. Nah, untuk apa saya punya 2 nomor telepon rumah?

Untungnya, ternyata, kita bisa pasang Indihome untuk internet dan TV Kabel saja, tanpa memasang telepon rumahnya. Dan tarif berlangganannya menjadi lebih murah kalau tanpa memasang teleponnya. Saya tidak ingat persis, tapi seingat saya selisih harga berlangganan antara memasang dengan telepon dan tanpa telepon sekitar Rp 100 ribu. Jadi sekarang ini, saya berlangganan Indihome dengan kecepatan 10 mbps, dengan tarif berlangganan Rp. 360.500 per bulan, hanya internet dan TV Kabel, tanpa telepon rumah.

Oh iya, kembali ke point nomor 3 di atas. Kalau rumahnya belum dilewati jaringan kabel Telkom ya jelas tidak bisa, karena layanan internet Telkom ini memang mengandalkan kabel. Rumah saya saja yang sudah ada jaringan kabel Telkom, baik yang biasa maupun yang fiber optic, kemarin harus menunggu agak lama karena menunggu sampai ada jaringan fiber optic yang bisa dipakai. Dulu waktu saya tanya, alasan mereka tidak bisa karena belum ada jaringan yang kosong atau apa gitu. Untungnya, beberapa bulan kemudian, ada jaringan yang kosong dan saya langsung dikabari. Langsung deh saya pasang 🙂

Walaupun kita bisa pasang Indihome tanpa telepon rumah, ada satu hal yang cukup membingungkan. Mungkin Telkom kurang rapi dalam me-manage database pengguna nya. Bulan lalu saya sempat ditelpon oleh call center Telkom, dan saya diminta untuk memperbarui data kontak, karena dia menghubungi nomor telepon Indihome saya dan tidak bisa. Lho ya jelas tidak bisa, kan saya memang ambilnya tanpa telepon rumah. Tapi kenapa call center Telkom sendiri tidak tahu kalau saya pasangnya tanpa telepon rumah? Jadi sebenarnya, walaupun tidak dipasang, nomor teleponnya itu tetap ada (saya mendapatkan nomor telepon dari paket Indihome itu), tapi tidak saya ingat nomornya, karena kan memang tidak saya pakai 😀 . Yang saya catat hanya nomor pelanggan Indihome nya saja, karena kan dipakai untuk pembayarannya.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dari para pengunjung yang saya terima via email:

  • (Q) Apakah pasang Indihome bisa tanpa komputer?
  • (A) Bisa banget. Seperti yang terpasang di rumah saya, dulu saat pasang Indihome malah belum ada komputernya, karena semua di rumah pakai tablet dan smartphone.

Artikel terkait :

Privacy Policy