Pengalaman Belanja di Bizzy.co.id

logo-bizzyBiasanya saya beli stok kopi decaf/decaffeinated di ebay, dari penjual di UK. Tapi, bulan lalu iseng-iseng saya mencari penjual kopi nescafe decaf lokal, dan menemukan bizzy.co.id. Situs ini menjual berbagai macam perlengkapan kantor, termasuk kopi, yang memang bukan perlengkapan kantor, tapi sering dibutuhkan oleh kantor-kantor. Singkat cerita saya order Nescafe Decaf, lalu saya transfer pembayaran, selesai. Saya tunggu beberapa hari. Dan beberapa hal yang menyebalkan pun terjadi:

  1. Tidak ada kode tracking yang diberikan supaya konsumen bisa cek status pengiriman barang. Sangat aneh, karena ini fitur sepele yang bahkan seller perorangan pun biasanya menyediakan.
  2. Saat saya login ke bizzy.co.id, beberapa langsung muncul nama yang bukan nama saya. Seakan-akan saya login ke akun orang lain.
  3. Beberapa kali juga, shopping cart saya ada isinya, padahal saya tidak pernah add apapun ke dalamnya.
  4. Setelah menunggu sekitar 6 hari, akhirnya barang pun sampai. Saya buka, eh ternyata salah. Saya pesan Nescafe Gold Decaf, yang dikirim Nescafe Gold biasa. Astaga. Kalau yang biasa saya bisa dengan mudah beli di swalayan dekat rumah.
  5. Saya ajukan komplain. Mereka bilang akan dikirim barang yang benar.
  6. Setelah menunggu lama tidak ada barang pengganti yang datang, saya kontak lagi. Setelah itu ada customer service yang telpon ke saya, katanya sudah dicarikan, tapi Nescafe Gold Decaf tidak ada stoknya. Dia bilang barang sudah discontinued. What the fuck? Berarti kemarin datangnya Nescafe Gold biasa ini bukan kesalahan pengiriman? Itulah yang muncul di benak saya. Kemungkinan mereka berfikir “ah, sama-sama Nescafe Gold ini, kirim yang ini saja!” Padahal, jelas BEDA, karena yang decaf itu kan kafeinnya sudah dikurangi. Sedangkan yang biasa kadar kafeinnya masih tinggi! Apa mereka mau tanggungjawab kalau saya jantungan?
  7. Kalau memang tidak punya stok, kenapa ada listingnya? Kalau memang ternyata tidak ada stok dan sudah terlanjur ada order masuk, ya sudah langsung refund saja, kenapa harus dikirimkan barang yang “kelihatannya sama?”
  8. Saya mengajukan refund. Mereka minta barang dikirim balik. Oke lah saya kirim balik. Mereka yang bego, saya yang harus repot ke JNE segala untuk kirim balik barangnya. Dan setelah sekitar seminggu refund pun masuk ke BCA saya. Refund masuk sehari setelah saya kirimi email, “mana refund sayaaa?” 😀

Cukup fair, kerena mereka kembalikan uang saya. Tapi, perusahaan ini sama sekali tidak profesional. Sayang sekali. Banyak orang yang ingin mendirikan bisnis tapi kekurangan modal. Eh ini ada startup dengan modal yang cukup besar, malah service nya abal-abal.

Nama saya Bayu, bukan Andy, apalagi Nanda! 🙁

bizzy-wtf-1

wtf-bizzy-2

Privacy Policy