Pengalaman Belanja Online di Ebay

berbelanja-di-ebayHeran, ternyata saya belum pernah share tentang pengalaman belanja di ebay. Padahal, wah sudah banyak sekali barang yang saya beli melalui situs itu. Jadi selain berjualan, saya juga sering berbelanja di ebay. Kenapa? Ya karena ada banyak barang menarik di ebay, yang tidak ada di Indonesia. Dan terkadang ada barang bagus yang dilelang dengan harga yang murah sekali. Supaya mudah dimengerti, saya tulis sebagai Questions and Answers saja:

 

Q : Bagaimana cara berbelanja di ebay?

A : Gampang sekali kok. Asal anda bisa bahasa Inggris pasif saja sudah cukup. Caranya mirip dengan situs-situs e-commerce lokal. Jadi pilih barang yang mau dibeli, lalu bayar. Tentunya kita juga harus memberikan alamat pengiriman yang lengkap.

 

Q : Alat pembayaran apa yang diterima di ebay?

A : Kartu kredit, yang diproses oleh Paypal. Jika belum punya Paypal, buat saja, mudah kok, asal anda sudah punya kartu kredit. Dan setahu saya, walaupun tidak punya Paypal, langsung bayar pakai kartu kredit juga bisa.

 

Q : Berapa lama pengiriman barang yang dibeli via ebay ke Indonesia?

A : Tergantung dari lokasi sellernya. Kalau dari Amerika, dengan metode pengiriman standar (paling murah atau kadang gratis, tergantung sellernya), memang cukup lama. Saya pernah membeli spart part motor dari seller di Texas, baru sampai setelah sekitar 3 bulan. Kalau dari Eropa, biasanya dengan metode pengiriman yang murah pun relatif cepat. Saya pernah membeli kopi dari UK sampai dalam waktu 3 minggu saja. Bahkan lebih cepat dari negara yang letaknya lebih dekat. Kemarin saya beli boneka untuk anak saya dari China, 1 bulan baru sampai.

 

Q : Apakah ada pajak/bea masuk yang harus dibayar untuk barang yang dibeli via ebay?

A : Iya, ada pajak/bea masuk yang harus dibayar, tapi hanya untuk barang-barang yang nilainya (kalau tidak salah) minimal $50. Kalau di bawah itu tidak kena bea masuk. Tapi tetap ada biaya untuk barang yang harganya murah. Kalau tidak salah biaya inspeksi/re-packing. Murah kok, cuma beberapa ribu rupiah saja.

 

Q : Apakah barang yang dibeli pasti sampai ke alamat kita?

A : Kalau anda membeli dari seller dengan reputasi yang baik, resiko barang untuk tidak sampai sangat kecil. Dan kalaupun tidak sampai, biasanya seller yang masuk kategori top rated akan langsung mengirimkan barang pengganti. Saya sendiri belum pernah mengalami barang yang tidak sampai. Semua yang saya beli sampai dengan selamat. Paling parah ya cuma lama saja sampainya. Sampai 3 bulan.

 

Q : Barang dikirim pakai jasa pengiriman apa?

A : Macam-macam. Bisa pakai paket pos biasa. Bisa juga pakai semacam FedEx, DHL, atau yang lainnya. Yang paling murah ya pakai pos biasa.

Artikel terkait:

Privacy Policy