Pengalaman Hampir Ditipu di Ebay

Saya sudah bertahun-tahun jual beli di eBay. Dan selama ini, selama melakukan jual beli selalu lancar dan tidak pernah ada masalah. Saya sudah berdagang dengan ratusan orang dari seluruh penjuru dunia. Tapi, beberapa bulan yang lalu, ada sedikit masalah. Ada pembeli yang berusaha untuk menipu saya. Ironisnya, justru pembeli yang mau menipu ini SESAMA ORANG INDONESIA. Dan sampai sekarang, hal seperti ini sudah 3 kali terjadi kepada saya.

Modus Penipuannya

Para penipu ini mempunyai modus yang sama. Mereka punya Paypal dengan dana ilegal, dan kesulitan untuk mencairkannya. Jadi, mereka memilih untuk menggunakannya untuk berbelanja di eBay. Barang yang mereka beli biasanya barang yang mudah untuk “dicairkan,” atau malah barang yang virtual. Contohnya, dulu saya pernah berjualan uang rupiah pecahan 100 ribuan. Biasanya pembelinya adalah kolektor uang dari luar negeri. Tapi, tiba-tiba ada pembeli beralamat Indonesia yang membeli barang tersebut. Nah, tanda tanya besar kan? Untuk apa orang Indonesia beli uang pecahan 100 ribuan? Kan gampang sekali kalau butuh ya tinggal ambil saja di ATM? Supaya saya percaya, si penipu tadi berpura-pura menjadi orang asing, yang meminta supaya barang tadi dikirim ke temannya di Indonesia. Lucunya, dia pakai severely broken English jadi kelihatan banget kalau ini orang Indonesia pura-pura jadi bule hahaha 😀 . Singkat cerita, dana saya refund dan user tadi saya laporkan ke eBay.

Pernah juga saat saya berjualan SIM card, ada penipu dengan modus yang sama. Cuma, yang satu ini membujuk saya supaya barangnya diganti dengan pulsa, karena dia sudah punya SIM card. Modus standar tetap dia jalankan, yaitu dengan berpura-pura jadi orang asing yang ingin supaya barang tersebut dikirimkan ke sodaranya di Indonesia. Dalam hal ini karena barang yang dia mau itu pulsa SimPati, dia minta supaya dikirim ke nomor yang dia berikan ke saya. Ow iya, yang ini juga pakai broken English 😀 .

Ini benar-benar menyedihkan. Berkali-kali transaksi dengan orang luar yang tinggal di belahan dunia lain, lancar-lancar saja. Eh transaksi dengan sesama orang Indonesia, cuma 3 kali, penipu semua! Parahnya, para penipu ini tidak terlalu pintar. Ada salah satu yang gak pakai tanya-tanya dan membujuk, tapi langsung aja beli barangnya, dan kasih alamat dia. Nah, kalau saya memang niat kan gampang sekali itu ditangkap? Alamat kan harus alamat yang benar-benar ada karena dia kan butuh terima barangnya? Soal nama palsu gak terlalu masalah. Pasti lah si penipu itu seseorang yang punya akses ke alamat itu, entah temannya, sodaranya, anaknya, tetangganya, dsb. Ya tinggal diubek ubek aja sekitar situ pasti ketemu.

Kelihatannya, walaupun sekarang hampir semua orang sudah pintar dalam menggunakan internet, masih ada banyak yang beranggapan bahwa dunia maya adalah dunia yang cuma main-main. Karena itu lah mereka berani coba-coba menipu. Sedangkan bagi orang seperti saya, yang memang hidup dari hal-hal yang online, ya dunia maya ini sangat nyata 🙂 .

Artikel terkait:

Privacy Policy