Perbedaan Kartu Kredit Dan Debit

Perbedaan kartu kredit dan debit tentu saja terletak pada sumber dananya. Saat kita menggunakan kartu kredit, pembelanjaan kita tadi didanai oleh bank. Dana yang kita gunakan ini sifatnya berupa pinjaman, dan tentunya kita harus membayar pokok beserta dengan bunganya. Rata-rata kartu kredit bunganya sekitar 3% per bulan. Sedangkan kartu debit, sumber dananya bukan pinjaman, melainkan tabungan atau rekening kita sendiri. Fungsi kartu debit sebenarnya hanyalah untuk memudahkan kita dalam menggunakan uang yang kita miliki dalam rekening kita, untuk berbelanja ataupun keperluan pembayaran lainnya, sehingga kita tidak perlu mengambil uang dalam bentuk tunai terlebih dahulu. Dan karena yang digunakan adalah dana milik kita sendiri, tidak ada pokok dan bunga yang harus kita bayar.

Jadi kalau dijelaskan secara singkat, saat kita menggunakan kartu kredit, itu sama saja kita berhutang. Sedangkan saat kita menggunakan kartu debit, kita memakai uang kita sendiri, melalui fasilitas yang disediakan oleh bank tempat kita menyimpan uang.

Selain perbedaan sumber dana, syarat untuk memiliki kartu kredit dan kartu debit juga berbeda. Untuk memiliki kartu kredit, kita harus melewati proses yang cukup panjang dan memakan waktu. Kita harus memberikan data-data kita kepada bank, misalnya KTP, NPWP, fotocopy slip gaji, dan sebagainya. Kita juga harus lolos beberapa tahap verifikasi, dan tidak jarang juga harus bersedia disurvei. Sedangkan untuk memiliki kartu debit, yang sering disebut kartu ATM, kita hanya perlu membuka tabungan saja. Bank akan langsung memberi kita kartu debit, yang bisa kita gunakan untuk berbelanja ataupun keperluan pembayaran lainnya, selama dana yang ada di dalam rekening kita mencukupi. Jika dana yang tersimpan di dalam rekening kita tidak mencukupi, transaksi kita akan ditolak.

Waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh kartu kredit dan kartu debit juga berbeda. Untuk memperoleh kartu kredit, biasanya kita membutuhkan waktu setidaknya 2 minggu, karena ada banyak tahap yang harus dilewati. Selain itu, ada juga kemungkinan aplikasi kita ditolak oleh bank. Sedangkan untuk kartu debit (kartu ATM), biasanya kita tidak perlu menunggu lama. Setelah kita membuka tabungan, biasanya kita langsung diberi kartu ATM, yang bisa langsung digunakan, atau kalaupun harus menunggu hanya 1 hari saja. Dan tentunya, kita pasti bisa mendapatkan kartu debit. Tidak akan ada penolakan dari bank untuk penerbitan kartu debit 😀 .

Apa beda kartu ATM dan kartu debit?

Tidak ada. Kartu ATM dan kartu debit itu sama. Tapi memang, masih ada beberapa bank kecil yang kartu ATM nya belum bisa dipakai sebagai kartu debit, atau kalaupun bisa, ada biaya yang relatif besar. Sedangkan bank-bank besar semuanya sudah menyediakan kartu ATM yang juga berfungsi sebagai kartu debit.

Privacy Policy